Implementasi Nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah dalam Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Desa Sumbergondo Kabupaten Banyuwangi

Anwar, Muhamad Khoirul (2019) Implementasi Nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah dalam Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Desa Sumbergondo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhamad Khoirul Anwar_T0151327.pdf

Download (42MB)

Abstract

Dalam nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah mengajarkan seorang muslim merefleksi, mengapresiasi, sekaligus mentransformasikan nilai-nilai moral Ilahi yang suci dan mengamalkan sunnah Nabi menuju nilai-nilai insani dalam realitas sosial, serta mempertimbangkan berbagai persoalan dengan akal-fikiran yang bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman, yang selalu disandarkan dengan AlQur’an dan Al-Sunnah. Sehingga nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) ini cocok digunakan masyarakat Indonesia, yang dianggap mampu menjaga keutuhan bangsa dalam upaya menciptakan kerukunan antar umat beragama. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Desa Sumbergondo Kabupaten Banyuwangi?; 2) Bagaimana dampak dari Implementasi nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Desa Sumbergondo Kabupaten Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Desa Sumbergondo Kabupaten Banyuwangi; 2) Untuk mendeskripsikan dampak dari implementasi nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Desa Sumbergondo Kabupaten Banyuwangi. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah field research. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Penerapan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang terlihat dari kegiatan sehari-hari yaitu tidak mudah terprovokasi dan terpecah-belah dengan isu-isu yang muncul; seimbang dalam segala hal seperti hubungan kepada Allah (hablum min Allah), kepada manusia (hablum min annas), dan kepada alam (hablum minal alam); adil, saling tolongmenolong, gotong-royong, guyub (rukun), serta toleran. Kompak, rukun, dan tolong-menolong seperti sudah menjadi prinsip warga masyarakat Desa Sumbergondo Kabupaten Banyuwangi. 2) Terkait dengan dampak implementasi nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) pada umat muslim yaitu terlihat pada kehidupan bermasyarakat yang kondusif, tidak pernah ada konflik dan pertentangan, terjalin hubungan sosial yang baik, dan saling menghargai dengan segala perbedaan yang ada. Dengan diterapkannya nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja), umat muslim di Desa Sumbergondo Kabupaten Banyuwangi mampu membawa perdamaian, persaudaraan, dan kekeluargaan, yang diharapkan dapat memberikan panutan kepada masyarakat dan daerah lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:46
Last Modified: 24 Feb 2023 09:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19175

Actions (login required)

View Item View Item