Pembinaan Akhlak Narapidana Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember.

David, Muhammad (2019) Pembinaan Akhlak Narapidana Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad David_084 141 042.pdf

Download (6MB)

Abstract

Melihat akhlak orang zaman sekarang telah banyak mengalami krisis akhlakul karimah yang sangat menurun drastis. Banyak dari mereka sudah tidak memperdulikan norma-norma yang ada sehingga berakibat maraknya tindakan-tindakan kriminalitas seperti halnya perjudian, pembunuhan, pemerkosaan, perampokan dan penganiyayaan dan lain-lain. akibat dari perilaku di atas mereka terjerat ke dalam jeruji besi dan menjadi narapidana. Oleh karena itu untuk menanggulangi adanya perilaku yang menyimpang perlunya pembinaan keagamaan baik jasmani mamupun rohani terlebih lagi dengan menghafal Al-Qur’an yang senantiasa bisa menjadi obat. Karena ketika dalam diri seorang sudah di penuhi dengan jiwa yang baik (menghafal Al-Qur’an) insyaallah akan menimbulkan perilaku yang baik pula. Fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana Pembinaan Akhlak Narapidana Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember? 2) Apa Saja Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Dalam Pembinaan Akhlak Narapidana Melalui Program Tahfidz AlQur’an di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember?. Tujuan penelitian yaitu: 1) Mengetahui dan Mendeskripsikan Tentang Pembinaan Akhlak Narapidana Melalui Program Tahfidz AlQur’an di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember. 2) Mengetahui dan Mendeskripsikan Tentang Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Dalam Pembinaan Akhlak Narapidana Melalui Program Tahfidz AlQur’an di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu data kondensasi, data display dan verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pembinaan akhlak narapidana melalui progam tahfidz al-qur’an di lembaga pemasyarakatan kelas IIA Jember menggunakan metode murajaah dalam menghafal. selain itu juga memberikan motivasi bagi narapidana baik dari pembina itu sendiri, teman maupun dari dalam diri sendiri. Serta dengan adanya hafalan di dalam dirinya secara tidak langsung akan membina akhlak narapidana atau memotivasi dari dirinya agar berperilaku yang baik. (2) faktor pendukung digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix dan faktor penghambat pembinaan akhlak narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember meliputi: Faktor pendukung diantaranya: (a) menggunakan satu mushaf dari satu cetakan, (b) mencari waktu yang tepat dalam menghafal, (c) memulai dengan ayat yang mudah dan di sukai, (d) adanya motivasi yang kuat. Sedangkan faktor penghambat meliputi: (a) banyaknya pikiran sehingga kurang fokus, (b) faktor usia yang kurang mendukung, (c) situasi dan kondisi yang kurang mendukung dan memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:46
Last Modified: 24 Feb 2023 09:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19177

Actions (login required)

View Item View Item