Wahid, Muhammad Saiful (2019) Peran Kyai Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Agama Santri Brokenhome di Pondok Pesantren Queen Assalam Sumber Beras Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Muhammad Saiful Wahid_T20151012.pdf Download (15MB) |
Abstract
Keluarga yang harmonis akan membentuk suatu sikap pendidikan yang bermutu tinggi. Peran orang tua dalam keluarga sangat berhubungan dengan pola relasi yang dikembangkan terhadap anak-anaknya. Tugas orang tua dalam keluarga terhadap pendidikan anak-anaknya lebih bersifat pembentukan watak dan budi pekerti, latihan keterampilan dan pendidikan kesosialan, seperti tolong menolong, menjaga kesehatan, juga ketentraman rumah dan lain sebagainya. Karena di Pondok Pesantren Queen Assalam banyak Santri yang Brokenhome sehingga di butuhkan peran kyai untuk mendidik santri supaya santri bisa merubah kehidupan pribadinya yang lebih baik. Fokus penelitian skripsi ini meliputi: (1).Bagaimana Peran Kyai Sebagai Pendidik Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Agama Santri Brokenhome di Pondok Pesantren Queen Assalam Sumber Beras Banyuwangi ?,(2).Bagaimana Peran Kyai Sebagai Pembimbing Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Agama Santri Brokenhome di Pondok Pesantren Queen Assalam Sumber Beras Banyuwangi ?,(3).Bagaimana Peran Kyai Sebagai Motivator Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Agama Santri Brokenhome di Pondok Pesantren Queen Assalam Sumber Beras Banyuwangi ?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan Peran Kyai Sebagai Pendidik Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Agama Santri Brokenhome di Pondok Pesantren Queen Assalam Sumber Beras Banyuwangi. (2) ) Mendiskripsikan Peran Kyai Sebagai Pembimbing Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Agama Santri Brokenhome di Pondok Pesantren Queen Assalam Sumber Beras Banyuwangi. (3) Mendiskripsikan Peran Kyai Sebagai Motivator Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Agama Santri Brokenhome di Pondok Pesantren Queen Assalam Sumber Beras Banyuwangi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitianya penelitian lapangan dan subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, data display dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: Peran Kyai sebagai pendidik, kyai mendidik santri dengan menggunakan sistem khusus yaitu dengan mengajak santri berdialog secara langsung, dan juga menggunakan belajar sorogan, hafalan nadom, tauhid, tajwid, dan fiqih., sedangkan sebagai pembimbing Kyai tidak hanya memberi materi tetapi seorang kyai harus memberi contoh secara lansung dalam segi amaliyah, segi akhlak, maupun muamalah. Dan sebagai motivator, Kyai memberikan motivasi berlandaskan kitab Ta’lim karena di dalamnya terdapat teknik-teknik untuk menyemangati santri dan kitab Nasoibul Ibad untuk selalu semangat menyongsong masa depan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:17 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19187 |
Actions (login required)
View Item |