Implementasi Pembelajaran Tematik Dengan Metode Drill Dan Tanya Jawab Pada Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Oktober 2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Jember.

Hasanah, Musrifatul (2020) Implementasi Pembelajaran Tematik Dengan Metode Drill Dan Tanya Jawab Pada Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Oktober 2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Musrifatul Hasanah_084 144 075.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara adekuat dalam kehidupan masyarakat. Maka dari itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar yang berpuncak pada mutu pendidikan, terdapat beberapa unsur yang saling berkaitan yang meliputi peserta didik, pendidik, tujuan, isi pendidikan, cara/metode. Dalam interaksi belajar mengajar, metode mengajar dipandang sebagai salah satu komponen yang ada di dalamnya yang mana komponen yang satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi. Metode mengajar sebagai alat untuk mencapai tujuan pengajaran yang ingin dicapai, sehingga semakin baik penggunaan metode mengajar semakin berhasillah pencapaian tujuan. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember menerepkan salah satu metode dalam proses belajar mengajar ialah metode drill dan tanya jawab pada pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik sendiri ialah pembelajaran terpadu yang mengaitkan beberapa mata pelajaran dan digabungkan menjadi satu dengan menggunakan tema sehingga dapat memberikan sebuah pengalaman bermakna kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan menggunakan metode drill dan Tanya jawab pada pembelajaran tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mendapatkan sebuah informasi atau data deskriptif baik secara tertulis atau lisan dan berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, yang meliputi Pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang didapatkan bahwa perencanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan metode pembelajaran drill dan tanya jawab sangat penting dalam proses pembelajaran sebagai bahan acuan ataupun petunjuk yang akan mempermudah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan penerapan metode pembelajaran drill dan tanya jawab menggunakan tiga tahap dalam pembelajaran, yaitu tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Dan dalam tahap-tahap ini guru sudah tampak memberikan bimbingan pada siswa, dan melakukan interaksi siswa dengan siswa. Penilaian pembelajaran tematik dengan penerapan metode pembelajaran drill dan tanya jawab yang digunakan adalah penilaian proses dan penilaian hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:17
Last Modified: 27 Feb 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19188

Actions (login required)

View Item View Item