Internalisasi Pendidikan Prenatal dalam Tradisi Masyarakat Sabrang Ambulu Jember tahun 2019.

Khofifah, Nafi'atul (2019) Internalisasi Pendidikan Prenatal dalam Tradisi Masyarakat Sabrang Ambulu Jember tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nafi’atul Khofifah_T20151368.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan kepada anak tidak hanya dilakukan ketika anak lahir ke dunia, akan tetapi pendidikan dapat diberikan ketika anak masih dalam kandungan ibu. Bahkan dalam konsep Islam, pendidikan anak telah dipersiapkan jauh sebelum terjadinya kelahiran yakni telah dimulai sejak pemilihan jodoh (prakonsepsi). Hal ini sebagaimana hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa anak dapat dididik semenjak dalam kandungan ibu. Pendidikan dalam kandungan dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya melalui tradisi kehamilan yang berkembang di masyarakat seperti melalui tradisi tingkrban dan tradisi ngupati. Pendidikan prenatal juga dapat dilakukan dengan cara penghayatan nilai-nilai pendidikan yang diterapkan oleh orang tua kapada anak yang dikandung. Seperti pembacaan surat-surat Alquran dengan menggunakan metode-metode tertentu oleh ibu atau orang tua. Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana internalisasi materi pendidikan prenatal dalam tradisi masyarakat Sabrang Ambulu Jember tahun 2019?, (2) Bagaimana metode pendidikan prenatal dalam tradisi masyarakat Sabrang Ambulu Jember tahun 2019? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan internalisasi materi pendidikan prenatal dalam tradisi masyarakat Sabrang Ambulu Jember tahun 2019, (2) Untuk mendeskripsikan metode pendidikan prenatal dalam tradisi masyarakat Sabrang Ambulu Jember tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian dipilih dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis Miles Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Internalisasi materi pendidikan prenatal dalam tradisi masyarakat Sabrang khususnya di dusun Tegalrejo dilakukan melalui tradisi masyarakat sekitar. Tradisi kehamilan yang masih berkembang di dusun Tegalrejo yaitu ngupati dan tingkeban. Acara ngupati diisi dengan pembacaan surat-surat Alquran seperti membacakan surat Maryam, surat Yusuf, surat Waqi’ah, surat Toha, surat al Mulk, surat Kahfi, surat Yasin dan surat Ar Rohman. Sedangkan dalam acara tingkeban, masyarakat dusun Tegalrejo diisi dengan pembacaan Al Fatihah, surat Al Ikhlas, surat Al Falaq, surat An Nas, surat al Qodr, al Kautsar, surat Al insyiroh, Istighfar, Sholawat, Dzikir, dan prosesi adat jawa seperti pemecahan kelapa, mandi tujuh sumur. Internalisasi materi pendidikan prenatal ini juga dilakukan secara individu oleh ibu atau orang tua serta bersama orang-orang terdekat, seperti pembiasaan membaca ayat-ayat Alquran secara rutin, baik setelah sholat atau di waktu lain. (2) Metode pendidikan prenatal dalam tradisi masyarakat Sabrang Ambulu Jember tahun 2019 khususnya di dusun Tegalrejo yaitu terdapat beberapa cara, antara lain: (a) Metode doa, (b) Metode Menjalankan ibadah, (c) Metode Membaca, (d) Metode berkomunikasi dan (e) Metode Bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:17
Last Modified: 27 Feb 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19189

Actions (login required)

View Item View Item