Implementasi Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Smp Negeri 02 Ajung Tahun Pelajaran 2018/2019.

Saadah, Nailatus (2019) Implementasi Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Smp Negeri 02 Ajung Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nailatus Saadah_084 141 101.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Agama Isalam yang berjalan di sekolah selama ini masih dianggap kurang berhasil. Pendidikan Agama yang diberikan lebih banyak menyentuh pada aspek kognitif, belum sampai pada aspek afektif dan psikomotorik, akibatnya peserta didik hanya dapat mengerti agama, tetapi belum sampai pada tingkat aksi. Pendekatan yang digunakan masih bersifat tradisional yang lebih sering berpusat pada guru (Teacher center) bukan berpusat pada siswa sehingga pembelajaran terasa membosankan kurang menarik bagi siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merubah pendekatan dan metode dalam proses pembelajaran selama ini yaitu berpusat pada siswa dan peran guru sebagai fasilitator, dan pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan salah satu alternative untuk melakukan perubahan tersebut. Dengan penggunaan metode ini diharapkan pembelajaran PAI lebih mudah diimplementasikan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana Contextual Teaching and Learning dengan Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Ajung tahun 2018/2019?. 2.)Bagaimana Contextual Teaching and Learning dengan Inquiry Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Ajung tahun 2018/2019?. 3.) Bagaimana Contextual Teaching and Learning dengan Cooperative Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Ajung tahun 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Analisis datanya menggunakan teknik Miles and Huberman yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1.) Contextual Teaching and Learning dengan Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Ajung tahun 2018/2019 yaitu pembelajaran lebih bermakna karena siswa terlibat langsung sehingga siswa lebih mudah faham mengenai apa yang dipelajari. 2.) Contextual Teaching and Learning dengan Inquiry Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Ajung tahun 2018/2019 yaitu meningkatkanmotivasi belajar siswa, baik aktif dalam berfikir kritis, bertanggung jawab, mengeksplorasi pengetahuan dan mengkomunikasikan gagasannya, dengan menemukan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. 3.) Contextual Teaching and Learning dengan Cooperative Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Ajung tahun 2018/2019 yaitu melatih siswa saling bekerja sama, bertanggung jawab atas kelompoknya, mengembangkan secara lisan dan meningkatkan percaya diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:17
Last Modified: 27 Feb 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19191

Actions (login required)

View Item View Item