Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Laskar Zakat, Infaq, dan Shadaqah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019.

Fiadelima, Nindia (2019) Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Laskar Zakat, Infaq, dan Shadaqah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nindia Fiadelima_T20151076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu usaha pembentukan akhlak yang baik terhadap perkembangan emosional, spiritualitas dan kepribadian seseorang. Oleh karena itu pendidikan karakter merupakan bagian yang sangat penting dalam membangun jati diri bangsa. Terdapat 18 nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan dalam jiwa anak bangsa, namun untuk memenuhi 18 karakter tersubut diperlukan usaha yang sangat keras. Dengan dibentuknya karakter-karakter tersebut tentu Negara ini berharap seorang pendidik dapat mencetak generasi penerus bangsa yang berintegritas dan juga lebih baik. Fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana Penguatan Pendidikan Karakter dalam nilai religius siswa melalui Laskar ZIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019? (2) Bagaimana Penguatan Pendidikan Karakter dalam nilai peduli sosial siswa melalui Laskar ZIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019? (3) Bagaimana Penguatan Pendidikan Karakter dalam nilai tanggung jawab siswa melalui Laskar ZIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019. Tujuan penelitian meliputi: Mendeskripsikan Penguatan Pendidikan Karakter dalam nilai religius siswa melalui Laskar ZIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019. (2) Mendiskripsikan Penguatan Pendidikan Karakter dalam nilai peduli sosial siswa melalui Laskar ZIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019. (3) Mendiskripsikan Penguatan Pendidikan Karakter dalam nilai tanggung jawab siswa melalui Laskar ZIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses Penguatan Pendidikan Karakter dalam nilai religius siswa melalui Laskar ZIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019. (2) Proses Penguatan Pendidikan Karakter dalam nilai peduli sosial siswa melalui Laskar ZIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019. (3) Proses Penguatan Pendidikan Karakter dalam nilai tanggung jawab siswa melalui Laskar ZIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun 2019. Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Laskar Zakat, Infaq, dan Shadaqah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:17
Last Modified: 27 Feb 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19192

Actions (login required)

View Item View Item