Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Peta Pikiran (Mind Mapping) Di Madrasah Aliyah Kelas X As-Shofa Jubung Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Auliya, Nur Laili Intan (2019) Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Peta Pikiran (Mind Mapping) Di Madrasah Aliyah Kelas X As-Shofa Jubung Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Laili Intan Auliya_T20151282.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi berdasarkan bahwa hampir di semua kalangan sekolah masih banyak yang merasakan kurang berminat dengan adanya pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Kondisi seperti ini muncul karena seorang guru kurang bisa mengemas bahan materi pelajaran menjadi semenarik mungkin sehingga menyebabkan siswa jenuh dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya hal tersebut, seorang guru membuktikan bahwa sangat penting untuk mengetahui Sejarah Kebudayaan Islam karena darinya kita mengetahui berbagai sejarah yang ada dan sebagai seorang guru haruslah berfikir kreatif dan inovatif agar bisa menghidupkan suasana pembelajaran di kelas. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui strategi peta pikiran (mind mapping) di Madrasah Aliyah As-Shofa Jubung Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019. (2) Bagaimana pelaksanaan Sejarah Kebudayaan Islam melalui strategi peta pikiran (mind mapping) di Madrasah Aliyah As-Shofa Jubung Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019. (3) Bagaimana evaluasi Sejarah Kebudayaan Islam melalui strategi peta pikiran (mind mapping) di Madrasah Aliyah As-Shofa Jubung Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan ,pelaksanaan, dan evaluasi Sejarah Kebudayaan Islam melalui strategi peta pikiran (mind mapping) di Madrasah Aliyah As-Shofa Jubung Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian field research, lokasi penelitian berada di MA As-Shofa Jember dan dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan tekhnik purposive, metode dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru, Staf TU, dan siswa. adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dalam perencanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam guru membuat RPP sendiri dan telah terlaksana dengan memperhatikan adanya tujuan pembelajaran, metode pembelajaran dan juga media pembelajaran. (2) Dalam pelaksanaan pembelajarannya terdapat kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, dan guru menerapkan strategi mind mapping, diskusi, presentasi. (3) Evaluasi yang diterapkan yaitu evaluasi formatif, sumatif dan diagnostik yakni guru menilai kemampuan peserta didik dengan cara melihat langsung, pada pelaksanaan demonstrasi dan juga dari mengevaluasi hasil pembelajaran melalui tes lisan dan tes tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:14
Last Modified: 27 Feb 2023 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19194

Actions (login required)

View Item View Item