Efektifitas Penggunaan Metode Mimicry Memorization Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits Di MAN 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.

Latifah, Nur (2019) Efektifitas Penggunaan Metode Mimicry Memorization Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits Di MAN 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Latifah_084141187.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan juga harus mampu memberikan rangsangan yang dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak secara keseluruhan termasuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor. pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 4 Banyuwangi ada beberapa siswa yang masih banyak mengalami kesulitan dalam mengingat kembali materi atau informasi yang telah disampaikan gurunya. Untuk itu pendidik di MAN 4 Banyuwangi berusaha memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan solusi pembelajaran yang tepat. Salah satu cara untuk memecahkan permasalahan tersebut pendidik mengatasi dengan menggunakan metode mimicry memorization. Sesuai dengan latar belakang tersebut dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu: Bagaimana efektivitas penggunaan metode mimicry memorization pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalan meningkatkan pemahaman siswa di MAN 4 Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuannya yaitu: Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode mimicry memorization pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalan meningkatkan pemahaman siswa di MAN 4 Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu penedekatan kuantitatif dan jenis penelitian merupakan Pre-Experimental Desigh. Bentuk dalam penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Desigh.. Populasi dan sampel siswa kelas XI IPS 4 dengan jumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan rumus uji-t. Hasil pretest siswa sebelum penggunaan metode mimicry memorization pada mata pelajaran pelajaran Al-Qur’an Hadist rata-rata memperoleh nilai 61,2. Sedangkan hasil posttest siswa sesudah penggunaan metode mimicry memorization pada mata pelajaran pelajaran Al-Qur’an Hadist rata-rata memperoleh nilai 74.4. Berdasarkan analisis uji-t dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa Thitung = 5,992 dan Ttabel = 2,045, jadi Thitung > Ttabel atau 5,992 > 2,045, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan metode Mimicry Memorization efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MAN 4 Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:14
Last Modified: 27 Feb 2023 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19195

Actions (login required)

View Item View Item