Pembelajaran Akidah Akhlak Berorientasi pada Konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Aini, Nurul (2019) Pembelajaran Akidah Akhlak Berorientasi pada Konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Aini_T20151176.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil survei Programme for International Student Assesement (PISA) dengan kedududkan Indoesia pada peringkat 64 dari 72 negara dan Trends in International Match and Science Survey (TIMSS) pada peringkat 45 dari 48 negara dijadikan sebagai acuan diintegrasikannya Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam proses pembelajaran di lembaga pendidikan pada mata pelajaran terkait seperti matematika, sains, bahasa Inggris, dan literasi. Hal ini tidak lagi menjadi biasa saja apabila keterampilan tersebut diterapkan pada mata pelajaran berbasis keagamaan, mengingat agama adalah sebuah sistem atau aturan yang mengatur hubungan antara makhluk dengan Tuhannya dan dengan makhluk lainnya, sebagaimana yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Pasalnya keterampilan berpikir tingkat tinggi juga diterapkan dalam pembelajaran mata pelajaran yang termasuk dalam rumpun agama salah satunya adalah akidah akhlak di kelas PDCI 1. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam penelitian ini diantaranya adalah, (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran akidah akhlak berorientasi pada HOTS bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak berorientasi pada HOTS bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran akidah akhlak berorientasi pada HOTS bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak berorientasi pada konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) 1 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi yang dipilih adalah MTs Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan teknik penentuan subjek penelitian dengan kriteria tertentu (purposif). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran akidah akhlak berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi kelas PDCI di MTs Negeri 2 Jember diawali dengan menganalisis KD, merumuskan tujuan pembelajaran, kemudian menentukan model pembelajaran, menentukan kegiatan pembelajaran yang efektif, dan menentukan evaluasi pembelajaran yang mengacu pada indikator yang telah digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix ditetapkan. (2) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak berorientasi pada higher order thinking skills (HOTS) bagi kelas PDCI di MTs Negeri 2 Jember dilakukan dengan tiga tahap pembelajaran yakni tahap awal, tahap inti, dan tahap evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis temuan atau inkuiri. (3) Evaluasi pembelajaran akidah akhlak berorientasi pada higher order thinking skills (HOTS) bagi kelas PDCI di MTs Negeri 2 Jember masih belum tercapai. Hal ini dapat dilihat dari butir soal yang diberikan kepada peserta didik pada kegiatan evaluasi sumatif yang masih bersifat menghafal konsep atau masuk dalam kategori LOTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:14
Last Modified: 27 Feb 2023 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19197

Actions (login required)

View Item View Item