Enggarwati, Ratih Dwi (2019) Penerapan Strategi Critical Incident dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ratih Dwi Enggarwati_T20151296.pdf Download (3MB) |
Abstract
Critical Incident adalah sebuah strategi yang mana siswa dapat melatih siswa untuk mengingat dan mendeskripsikan pengalaman masa lalunya yang menarik yang berkaitan dengan pokok bahasan yang akan disampaikan.. Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasai diakhir kegiatan pembelajaran. Pendidikan SMP Negeri 2 Jember selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya, setiap guru di lembaga tersebut dituntut untuk selalu berinovasi dalam kegiatan pembelajaran termasuk dalam memilih strategi pembelajaran yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. SMP Negeri 2 Jember menggunakan strategi Critical Incident dalam upaya mengaktifkan peserta didiknya dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa tujuan strategi Critical Incident dalam pembelajaran PAI kelas VIII D di SMPN 2 Jember? 2) Bagaimana Langkah-langkah strategi Critical Incident dalam pembelajaran PAI Kelas VIII D di SMPN 2 Jember? 3) Bagaimana evaluasi strategi critical incident dalam pembelajaran PAI Kelas VIII D di SMPN 2 Jember?. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau yang biasa disebut dengan field research. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Tujuan strategi critical indicent dalam pembelajaran PAI yaitu a. Melatih daya ingat siswa, b. Siswa lebih mudah mempelajari materi, c. Siswa mampu berfikir secara kritis, d. Siswa mampu memadupadankan hasil pemikiran terkait dengan pengalaman yang mereka punya dengan materi yang diajarkan. 2) Langkah-langkah strategi critical incident dalam pembelajaran PAI dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan langkah-langkkah yang tertera dalam RPP, yaitu peserta di minta untuk mengingat tentang pengalaman pribadinya yang nantinya akan dikaitkan dengan materi pembelajaran yang akan dibahas , pelaksanaan alokasi waktu yang digunakan dalam pertemuan 2x40 menit. 3) Evaluasi strategi critical incident pembelajaran PAI, yaitu menggunakan evaluasi formatif yang didalamnya terdapat pilihan ganda, essay, dan penilaian teman sejawat serta terdapat faktor pendukung dan penghambat strategi critical incident dalam pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:15 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19199 |
Actions (login required)
View Item |