Pembelajaran Kitab Kifayatul Awam di Pondok Pesantren Nurul Fata Desa Lumutan Jaya Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso.

Elisa, Ria (2019) Pembelajaran Kitab Kifayatul Awam di Pondok Pesantren Nurul Fata Desa Lumutan Jaya Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ria Elisa_084 141 118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap pondok pesantren memiliki ciri khas atau fokus pendidikan yang pastinya berbeda-beda. Seperti Pondok Pesantren Nurul Fata yang memiliki ciri khas sendiri yaitu dalam penekanan pendidikan tauhidnya. Adanya penekanan ini didasari oleh banyaknya paham-paham keagamaan yang bertentangan dengan aqidah ahlus sunnah waljamaah. Pondok Pesantren Nurul Fata merupakan Pondok Pesantren salaf, kurikulumya mengacu pada Pondok Pesantren Sidogiri. Pembelajarannya masih menggunakan metode klasik (Sorogan, wetonan, Bandongan) tidak menggunakan metode-metode yang di terapkan di sekolah formal ataupun madrasah. Media pembelajaran menggunakan papan dan kapur tulis. Semuanya masih mempertahankan system klasik. Fokus penelitian adalah: (1)Bagaimaana Perencanaan dalam pembelajaran Kitab Kifayatul Awam di Pondok Pesantren Nurul Fata Desa Lumutan Jaya Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso?.(2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran Kitab Kifayatul Awam di Pondok Pesantren Nurul Fata Desa Lumutan Jaya Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso?. (3) Bagaimana Evaluasi dalam pembelajaran Kitab Kifayatul Awam di Pondok Pesantren Nurul Fata Desa Lumutan Jaya Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso?. Tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1)untuk mendeskripsikan Perencanaan pembelajaran Kitab Kifayatul Awam di Pondok Pesantren Nurul Fata Desa Lumutan Jaya Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso. (2) Untuk mendiskripsikan Pelaksanaanpembelajaran Kitab Kifayatul Awam di Pondok Pesantren Nurul Fata Desa Lumutan Jaya Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso. (3) Untuk Mendiskripsikan Evaluasi pembelajaran Kitab Kifayatul Awam di Pondok Pesantren Nurul Fata Desa Lumutan Jaya Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso. Kompetensi, metode, dan evaluasi santri dalam pembelajaran Kitab Kiafayatul Awam. Metode penelitian yaitu pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan model Miles intraktif dan Huberman yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dari penelitia ini adalah kompetensi yang hendak dicapai oleh santri yaitu Santri dapat memahami, mengetahui dan menyakini sifat-sifat Allah SWT dan Sifat-sifat Para Rasul Allah SWT khusunya bisa meneladani Sifat Nabi Muhammad SAW. Dengan menggunakan metode Sorogan, wetonan dan Bandongan. Evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi formatif, sumatif dan diagnosti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:15
Last Modified: 27 Feb 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19200

Actions (login required)

View Item View Item