Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Manhaji dalam Meningkatkan Hasil Belajar Santri TPQ Al-Karomah Sumbersari Permai Kramat Jember.

Vina, Risky Aula (2019) Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Manhaji dalam Meningkatkan Hasil Belajar Santri TPQ Al-Karomah Sumbersari Permai Kramat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risky Aula Vina_084141265.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang melahirkan interaksi unsur-unsur manusiawi adalah sebagai suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pengajaran, efektivitas dari belajar mengajar itu sendiri tergantung dari beberapa unsur yaitu guru (pendidik), metode pembelajaran dan siswa (pembelajar). Fokus penelitian ini adalah : 1)Bagaimana efektivitas pembelajaran al-qur’an melalui Metode Manhaji dalam meningkatkan hasil belajar kognitif santri TPQ AlKaromah Sumbersari Permai Kramat Jember. 2) Bagaimana efektivitas pembelajaran al-qur’an melalui Metode Manhaji dalam meningkatkan hasil belajar afektif santri TPQ Al-Karomah Sumbersari Permai Kramat Jember. 3) Bagaimana efektivitas pembelajaran al-qur’an melalui Metode Manhaji dalam meningkatkan hasil belajar psikomotor santri TPQ Al-Karomah Sumbersari Permai Kramat Jember. Tujuan Penelitiannya adalah : 1) Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran al-qur’an melalui Metode Manhaji dalam meningkatkan hasil belajar kognitif santri TPQ Al-Karomah Sumbersari Permai Kramat Jember. 2) Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran al-qur’an melalui Metode Manhaji dalam meningkatkan hasil belajar afektif santri TPQ Al-Karomah Sumbersari Permai Kramat Jember. 3) Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran al-qur’an melalui Metode Manhaji dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik santri TPQ Al-Karomah Sumbersari Permai Kramat Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripstif dengan jenis penelitian lapangan.Penentuan subyek ditentukan dengan studi populasi atai studi sensus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Manhaji dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Santri TPQ AlKaromah Sumbersari Permai Kramat Jember dengan cara mengulang kembali materi yang disampaikan agar tidak lupa. Kemudian penyajian pembelajarannya dengan cara bernyanyi kata kunci. Lalu untuk mengetahui hasil pembelajaran meningkat atau tidak dibuktikan dengan adanya evaluasi yang dilakukan setiap 2x pertemuan. 2) Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Manhaji dalam Meningkatkan Hasil Belajar Afektif Santri TPQ Al-Karomah Sumbersari Permai Kramat Jember dengan cara melihat dari kesadaran santri akan pentingnya belajar berupa pemberian tugas. Kemudian untuk mengetahui hasil afektifnya meningkat atau tidak dengan cara penilaian sikap sehari-hari saat proses pembelajaran yang dilakukan oleh Ustadz yang bersangkutan. 3) Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Manhaji dalam Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotorik Santri TPQ Al-Karomah Sumbersari Permai Kramat Jember dengan cara praktek langsung membaca dan menulis materi yang disampaikan agar supaya ilmu pengetahuannya bukan hanya pandai dalam teori saja tetapi juga pandai dalam praktek secara langsung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:15
Last Modified: 27 Feb 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19202

Actions (login required)

View Item View Item