Upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam Membina Pendidikan Islam Bagi Anak-Anak Buruh Migran di Banyuwangi.

Wangi, Senja Jelita (2019) Upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam Membina Pendidikan Islam Bagi Anak-Anak Buruh Migran di Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Senja Jelita Wangi_T20151020.pdf

Download (29MB)

Abstract

Pondok Pesantren Queen Assalaam atau Pondok Pesantren Buruh Migran merupakan salah satu pondok pesantren di Banyuwangi yang didirikan untuk menyelamatkan pendidikan dan agama anak-anak buruh migran dengan syariat Islam agar selamat di dunia maupun di akhirat. Pokok-pokok pendidikan yang diajarkan adalah pendidikan akidah, pendidikan akhlak, serta pendidikan ibadah. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan akidah bagi anakanak buruh migran di Banyuwangi? 2) Bagaimana upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan ibadah bagi anak-anak buruh migran di Banyuwangi? 3) Bagaimana upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan akhlak bagi anak-anak buruh migran di Banyuwangi? 4) Apa faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan Islam kepada anak-anak buruh migran di Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan akidah bagi anak-anak buruh migran di Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan ibadah bagi anak-anak buruh migran di Banyuwangi 3) Mendeskripsikan upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan akhlak bagi anak-anak buruh migran di Banyuwangi, 4) Mendeskripsikan Apa faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan Islam kepada anak-anak buruh migran di Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) Upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan akidah adalah melakukan kegiatan seperti wiridan, membaca al-Qur’an, mengaji kitab, shalawat nabi, dan istighosah rutin untuk menjaga akidah santri. 2) Upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan ibadah adalah diutamakannya shalat secara berjamaah. 3) Upaya Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan akhlak adalah pembelajaran berbagai kitab dan adanya sanksi bagi santri yang melakukan pelanggaran terhadap tata tertib pondok pesantren. 4) Faktor pendukung dan faktor penghambat Pondok Pesantren Queen Assalaam dalam membina pendidikan Islam adalah semangat dari santri yang ingin menuntut ilmu dan masalah fasilitas dan infrastruktur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:15
Last Modified: 27 Feb 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19204

Actions (login required)

View Item View Item