Persepsi Siswi Non Muslim Terhadap Pemakaian Jilbab Dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran Pai Di Smk Negeri 1 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi

Sa'adah, Siti Alfi Nur (2019) Persepsi Siswi Non Muslim Terhadap Pemakaian Jilbab Dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran Pai Di Smk Negeri 1 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Alfi Nur Sa’adah _T20151361.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menutup aurat adalah salah satu hal terpenting dan diwajibkan khususnya bagi wanita untuk menjaga diri dan kehormatan. Membahas menutup aurat tentu tidak lepas dari gaya berbusana. Salah satunya jilbab. Jilbab bukanlah sesuatu yang asing bagi umat muslim. Kini keberadaan wanita berjilbab mudah ditemui di lingkungan sekitar khususnya di lingkungan pendidikan. Bahkan keberadaan jilbab juga digemari oleh perempuan yang menganut agama lain. Sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Tegalsari adalah sekolah yang seluruh siswinya mengenakan jilbab tanpa terkecuali mereka yang non muslim. Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana persepsi siswi non muslim terhadap pemakaian jilbab di SMK Negeri 1 Tegalsari Kab. Banyuwangi?: 2.) Bagaimana Implikasi pemakaian jilbab terhadap proses pembelajaran PAI bagi siswi non muslim di SMK Negeri 1 Tegalsari Kab. Banyuwangi?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendekskripsikan segala permasalahan yang dituangkan dalam fokus masalah. Adapun dalam rangka mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model. adapun untuk uji keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, memperoleh kesimpulan bahwa persepsi siswi non muslim terhadap pemakaian jilbab adalah pakaian yang menutupi tubuh perempuan mulai dari kepala hingga kaki selain wajah dan telapak tangan. Siswi non muslim memakainya selama dirasa nyaman dan tidak keberatan boleh saja tanpa memiliki maksut menghina dalam memakai jilbab seperti yang di pakai muslim lainnya serta tetap beriman dengan apa yang diyakini, Merasa lebih cantik ketika memakai jilbab Dalam agama yang dianut siswi non muslim, khususnya Kristen katolik ternyata terdapat anjuran untuk berjilbab pula. Sedangkan Implikasi terhadap pemakaian jilbab terhadap proses pembelajaran PAI bagi siswi non muslim adalah Menghafal doa orang Islam, Memudahkan Siswi non muslim berbaur dan bertukar pikiran dengan siswa-siswi muslim dengan baik, Memiliki sikap toleransi terhadap agama lain, Mendapat pengetahuan dari ajaran agama Islam. Misal terkait Nabi, Mengucapkan salam sesuai ajaran islam kepada guru, Tidak disadari mengetahui lagu-lagu Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:15
Last Modified: 27 Feb 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item View Item