Apriliyah, Siti Atikah (2019) Penerapan Pembelajaran Ilmu Tajwid melalui Kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) At-Taqwa Bondowoso tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Atikah Apriliyah_T20151219.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pembelajaran Ilmu Tajwid melalui Kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun 2019.Sebagai kitab suci umat Islam, maka harus mampu membaca, mempelajari dan mengamalkannya. Sebelum mengamalkan isi dari al-Quran tersebut, maka harus mampu membacanya sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.Tajwid adalah mengeluarkan setiap huruf dari tempat keluarnya, dengan memberikan setiap hak-hak dan apa yang patut bagi huruf tersebut. Tajwid juga bisa disebut dengan pengetahuan tentang kaidah serta cara-cara membaca al-Quran dengan sebaikbaiknya. Tajwid penting dipelajari karena dapat memelihara bacaan al-Quran dari kesalahan dan perubahan serta memelihara lisan (mulut) dari kesalahan membaca. Mempelajari ilmu tajwid hukumnya Fardlu Kifayah, sedangkan membaca al-Quran dengan baik (sesuai dengan ilmu tajwid) hukumnya Fardlu ‘Ain bagi setiap pembaca al-Quran (qari’) dari umat Islam. Dalam membaca al-Quran ilmu tajwid menjadi hal yang wajib untuk dipelajari, seiring dengan berjalannya waktu juga atas dukungan dan saran dari wali murid agar Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Bondowoso menerapkan pembelajaran ilmu tajwidnya menggunakan kitab-kitab layaknya di pondok pesantren, atas hal tersebut Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Bondowoso memakai kitab Hidayatus Sibyan sebagai rujukan untuk mempelajari ilmu tajwid. Dengan mempelajari ilmu tajwid melalui kitab Hidayatus Sibyan yang disertai dengan nadhom/dalil tajwid, diharapkan dapat memudahkan siswa untuk lebih memahaminya, yang pembelajarannya menyenagkan dan siswa tidak merasa bosan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana metode pembelajaran ilmu tajwid melalui kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Bondowoso tahun 2019? 2) apa saja media pembelajaran ilmu tajwid melalui kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Bondowoso tahun 2019? 3) bagaimana penilaian pembelajaran ilmu tajwid melalui kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah AtTaqwa Bondowoso tahun 2019?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan metode pembelajaran ilmu tajwid melalui kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Bondowoso tahun 2019? 2) mendeskripsikan media pembelajaran ilmu tajwid melalui kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah AtTaqwa Bondowoso tahun 2019? 3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran ilmu tajwid melalui kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Bondowoso tahun 2019?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam skripsi ini menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode atau teknik. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu: 1) metode yang digunakan dalam pembelajaran ilmu tajwid melalui kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Bondowoso tahun 2019 adalah metode hafalan, metode ceramah, dan metode bernyanyi. 2) media yang digunakan dalam pembelajaran ilmu tajwid melalui kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Bondowoso tahun 2019 adalah media berbasis manusia, media cetak, dan media pajang. 3) penilaian yang digunakan dalam pembelajaran ilmu tajwid melalui kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Bondowoso tahun 2019 melalui penilaian tes lisan dan unjuk kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:15 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19206 |
Actions (login required)
View Item |