Maisara, Siti (2019) Pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan jam-jaman pada anak usia dini kelompok A di Raudlatul Athfal Darul Himam Ajung Kalisat Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Maisara_T201511042.pdf Download (17MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan perkembangan kognitif peserta didik belum berkembang, peserta didik sebagian besar tidak mampu menyebutkan angka secara acak, sebagian besar peserta didik tidak mampu menyebutkan konsep waktu sederhana, sebagian besar peserta didik mampu menyebutkan warna dan peserta didik sebagian kecil belum mampu menyebutkan bentuk geometri dengan benar. Hal lain yang membuktikan adanya proses belajar mengajar yang kurang menarik yang dilakukan pendidik dalam menyajikan media yang akan disampaikan kepada peserta didik bersifat monoton dan membosankan, pendidik selalu memberikan tugas menulis di buku serta mengerjakan buku paket yang ada di RA. Fokus dari penelitian adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan jam-jaman. 2) Apa faktor penghambat dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan jam-jaman pada anak usia dini kelompok A di RA Darul Himam Ajung Kalisat kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan jam-jaman. 2) Mendeskripsikan apa faktor penghambat dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan jam-jaman pada anak usia dini kelompok A di RA Darul Himam Ajung Kalisat kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (fieldresearch) karena peneliti harus terjun langsung ke lapangan. Teknik pengumpulan data yang biasa digunakan adalah observasi (Pengamatan), wawancara(interview), dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan jam-jaman pada anak usia dini kelompok A di RA Darul Himam Ajung Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu menentukan tema: diri sendiri subtema: anggota keluarga, membuat RPPH, mengkondisikan anak dalam bentuk lingkaran, memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan pembelajaran permainan jam-jaman, mengulangi materi pembelajaran permainan jam-jaman dan yang terakhir melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran kemampuan kognitif melalui permainan jam-jaman, menunjukkan bahwa penggunaan permainan jam-jaman dapat menstimulasi kemampuan kognitif. Dan guru dalam mengatasi faktor penghambat dan solusinya tentunya dengan menyediakan yang belum tersediakan dengan menyediakan permainan jam-jaman serta menyediakan permainan jam jaman sebanyak peserta didik. Faktor penghambat adalah bahan yang digunakan permainan jam-jaman tidak tahan lama, anak selalu keliling ketika guru menerangkan, terbatasnya jumlah permainan jamjaman. Solusinya adalah guru membuat bahan triplek dan berbagai macam warna cat, menyediakan permainan jam-jaman sesuai jumlah peserta didik, guru menyelingi kegiatan dengan nyanyian supaya peserta didik konsentrasi pada permainan jam-jaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:15 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19211 |
Actions (login required)
View Item |