Pembelajaran Tarjimul Qur’an dengan Metode Safinda di SMP Darul Qur’an Bumiharjo Banyuwangi.

Masruroh, Siti Nur (2019) Pembelajaran Tarjimul Qur’an dengan Metode Safinda di SMP Darul Qur’an Bumiharjo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Masruroh_T20151165.pdf

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah pedoman hidup seluruh manusia, terutama umat Islam. Membaca atau mendengarkannya saja bernilai pahala. Pahala itu pun dihitung perhuruf, lalu dalam setiap hurufnya digandakan menjadi sepuluh. Selain itu, Allah SWT juga akan memberikan kemulian kepada seseorang yang menghafalkan al-Qur’an. Karena orang yang menghafal al-Qur’an termasuk dalam orang-orang yang menjaga al-Qur’an. Pada hakikatnya, al-Qur’an adalah pedoman hidup atau kitab yang berfungsi sebagai petunjuk. Oleh karenanya, setiap manusia juga dituntut untuk mengetahui dan memahami isi kandungan alQur’an itu sendiri agar dapat diaplikasikan dalam menjalani kehidupan seharihari. Di SMP Darul Qur’an mempunyai cara tersendiri dalam memberikan pembelajaran pemahaman kandungan ayat-ayat al-Qur’an. Lembaga formal tersebut membuat program ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti semua peserta didiknya, yaitu program tarjimul Qur’an dengan mengggunakan metode safinda. Terkait dengan adanya hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti ekstrakurikuler tarjimul Qur’an, sehingga peneliti merumuskan dengan judul “Pembelajaran Tarjimul Qur’an dengan metode safinda dalam meningkatkan pemahaman makna Al-Qur’an di SMP Darul Qur’an Bumiharjo Banyuwangi”. Dengan fokus penelitian sebagai berikut; pertama, bagaimana pembelajaran tarjimul Qur’an dengan metode safinda dalam meningkatkan pemahaman makna per-kata dalam al-Qur’an; kedua, bagaimana pembelajaran tarjimul Qur’an dengan metode safinda dalam meningkatkan pemahaman makna per-ayat dalam al-Qur’an.Tujuan dari penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran tarjimul Qur’an dengan metode safinda dalam meningkatkan pemahaman makna al-Qur’an per-kata, 2.Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran tarjimul Qur’an dengan metode safinda dalam meningkatkan pemahaman makna al-Qur’an per-ayat di SMP Darul Qur’an Bumiharjo Glenmore Banyuwangi. Penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah field research. Untuk mengumpulkan data yang peneliti butuhkan, peneliti menggunakan metode wawancara semi struktur, observasi partisipatif, dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan model Miles dan Hubermen. Untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah: pembelajaran tarjimul Qur’an dengan metode safinda menggunakan strategi pembelajaran yang klasikal mempermudah peserta didik menghafal per-kata sekaligus maknanya secara berulang-ulang sehingga peserta didik dapat memahami dengan baik, selanjutnya diajarkan merangkainya sehingga menjadi hafal makna per-ayat. Setelah peserta didik hafal makna per-ayatnya maka pendidik menerangkan kandungan ayat tersebut dengan menggunakan tafsir ijmali (global) sehingga peserta didik dapat memahami makna per-ayat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:15
Last Modified: 27 Feb 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19213

Actions (login required)

View Item View Item