Pengembangan Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi IAIN Jember.

Azizah, Siti Nurul (2019) Pengembangan Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nurul Azizah_084141009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, karakteristik, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan orang lain. Sedangkan pengembangan karakter peserta didik adalah suatu usaha untuk mengembangkan sifat atau karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik dalam suatu lembaga untuk menjadikan yang lebih baik lagi. Bahwasanya di SMP 01 Islam Jember dalam hal menerapkan pengembangan karakter peserta didik melalui ekstrakurikuler masih kurang baik, dengan dibuktikannya pada peserta didik yang masih datang terlambat saat kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan, masih ada sebagian peserta didik yang bolos tanpa izin, masih da yang bergurau didalam pelaksanaan, sehingga dengan pernyataan seperti ini dalam pengembangan karakter peserta didik lebih dikembangkan agar menjadi yang lebih baik dan mulia. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengkaji 3 hal yaitu: (1) Bagaimanakah pengembangan karakter religius peserta didik melalui ekstrakurikuler di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah pengembangan karakter disiplin peserta didik melalui ekstrakurikuler di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimanakah pengembangan karakter tanggung jawab peserta didik melalui ekstrakurikuler di SMP 01 Islam Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah Untuk mendeskripsikan pengembangan karakter religius, disiplin dan tanggung jawab peserta didik melalui ekstrakurikuler di SMP 01 Islam Jember Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian ini di SMP 01 Islam Jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pengembangan karakter religius peserta didik di SMP 01 Islam Jember dilakukan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an (BTA), istighasah bersama dan shalat dhuhur berjamaah. 2) Pengembangkan karakter disiplin dalam ekstrakurikuler di SMP 01 Islam Jember dilakukan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan shalat dhuhur berjamaah. 3) Pengembangan karakter tanggung jawab peserta didik melalui ekstrakurikuler di SMP 01 Islam Jember dilakukan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler seni kaligrafi dan pramuka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19214

Actions (login required)

View Item View Item