Metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus kelas inklusi VI B di Sekolah Dasar Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember.

Rohma, Siti (2019) Metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus kelas inklusi VI B di Sekolah Dasar Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Rohma_T20151130.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan kesempatan bagi anak berkebutuhan khusus untuk dapat bersekolah di sekolah umum bersama peserta didik normal lainnya, sejatinya anak berkebutuhan khusus (ABK) itu perlu mendapatkan perlakuan yang sama terutama dalam bidang pendidikan agama Islam. Pada sekolah inklusi peserta didik mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, oleh karena itu sangat penting untuk diterapkannya metode team teaching, salah satu sekolah yang menerapkan metode team teaching ini yaitu Sekolah Dasar Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi ABK kelas inklusi VI B di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi ABK kelas inklusi VI B di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember? 3) Bagaimana evaluasi metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi ABK kelas inklusi VI B di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan perencanaan metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi ABK kelas inklusi VI B di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember. 2) mendeskripsikan pelaksanaan metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi ABK kelas inklusi VI B di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember. 3) mendeskripsikan evaluasi metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi ABK kelas inklusi VI B di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang dilakukan, yaitu: 1) Perencanaan metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) kelas inklusi VI B di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sama dengan kelas reguler hanya saja untuk ABK nya ada penyusunan program pembelajaran individual, yang dibuat oleh guru pendamping khusus. 2) Pelaksanaan metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi ABK kelas inklusi VI B di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran pada umumnya, hanya perbedaannya terletak pada guru pendamping khusus yang selalu mendampingi ABK saat pembelajaran berlangsung, untuk media yang digunakan dalam mata pelajaran PAI seperti LCD, proyektor dan gambar, sedangkan metode yang digunakan adalah metode cooperative learning, tanya jawab, klasikal, dan pendekatan individual. 3) Evaluasi metode team teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi ABK kelas inklusi VI B di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember sama seperti pada umumnya, yaitu ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester bedanya hanya pada jenis dan bobot soal yang lebih rendah untuk ABK. Adapun alat evaluasi yang digunakan berupa tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19215

Actions (login required)

View Item View Item