Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Metode Tabarak Di Ma’had Tahfidzul Qur’an Balita Dan Anak Ar-Raihaan Sumbersari Jember Tahun 2019.

Malikah, Siti Yulikhatul (2019) Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Metode Tabarak Di Ma’had Tahfidzul Qur’an Balita Dan Anak Ar-Raihaan Sumbersari Jember Tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Yulikhatul Malikah_T20151273.pdf

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad melalui malaikat jibril dengan maksud untuk dibaca, difahami, dan dihafal. Menghafal al-Qur’an pada zaman sekarang semakin populer dengan adanya metode-metode baru, sudah ada program menghafal al-Qur’an di televisi serta adanya perlombaan menghafal al-Qur’an seperti Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) baik mulai dari tingkat nasional sampai internasional. Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang metode menghafal al-Qur’an. Dewasa ini banyak sekali metode-metode untuk menghafalkan al-Qur’an salah satunya metode Tabarak. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana materi pembelajaran menghafal al-Qur’an menggunakan metode tabarak di Ma’had Tahfidzul Qur’an Balita dan Anak Ar-Raihaan Sumbersari Jember Tahun 2019? 2) Bagaimana metode pembelajaran menghafal al-Qur’an menggunakan metode tabarak di Ma’had Tahfidzul Qur’an Balita dan Anak Ar-Raihaan Sumbersari Jember Tahun 2019? 3) Bagaimana media pembelajaran menghafal al-Qur’an menggunakan metode tabarak di Ma’had Tahfidzul Qur’an Balita dan Anak ArRaihaan Sumbersari Jember Tahun 2019? 4) Bagaimana penilaian pembelajaran menghafal al-Qur’an menggunakan metode tabarak di Ma’had Tahfidzul Qur’an Balita dan Anak Ar-Raihaan Sumbersari Jember Tahun 2019? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran menghafal alQur’an baik dari segi materi, metode, media dan penilaian menggunakan metode tabarak di Ma’had Tahfidzul Qur’an Balita dan Anak Ar-Raihaan Sumbersari Jember Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis field research. Lokasi bertempat di Ma’had Tahfidzul Qur’an Balita dan Anak ArRaihaan Sumbersari Jember. Subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif interaktif model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Materi dalam pembelajaran menghafal al-Qur’an menggunakan metode tabarak adalah menghafal al-Qur’an Juz 30 dan pengenalah huruf hijaiyah dengan harakat dan tanwin. 2) Metode pembelajaran menghafal al-Qur’an di Ma’had Tahfidzul Qur’an Balita dan Anak Ar-raihaan yaitu menerapkan metode tabarak. Pengaplikasian metode tabarak yaitu ustadzah membimbing dan mendiktekan (mentalqikan) santri secara lisan melalui tayangan video/CD syaikh Kamil kemudian diperdengarkan murattal AlQur’an dari qori’-qori’ ternama seperti murattal syeikh Hushari sebanyak 20 kali. 3) Media pembelajaran menghafal al-Qur’an menggunakan metode tabarak yaitu terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Media dalam jenis perangkat keras seperti televisi dan kartu bergambar kartun islami dan bertuliskan huruf hijaiyah, sedangkan media dalam bentuk perangkat lunak seperti video/CD juz Amma dari syeikh Kamil, CD murattal dari qari’ atau syeikh ternama, serta video yang berisi pengenalan huruf hijaiyah beserta harakat dan tanwinnya. 4) Penilaian pembelajaran menghafal al-Qur’an menggunakan metode tabarak yaitu dengan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19217

Actions (login required)

View Item View Item