Pengaruh Media Sosial terhadap Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti Generasi Z Kelas VIII di SMPN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Musrifoh, Sofiqotul (2019) Pengaruh Media Sosial terhadap Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti Generasi Z Kelas VIII di SMPN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofiqotul Musfiroh_T20151035.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Sosial, Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti media internet salah satu fasilitasnya adalah media sosial. Setiap orang baik itu generasi Z tentunya memiliki kebutuhan akan informasi, hiburan, pendidikan dan akses pengetahuan dari belahan bumi yang berbeda. Sehingga kini media sosial menjadi salah satu kebutuhan primer bagi seseorang khususnya generasi Z. Maka dengan adanya akses terhadap media sosial tentunya akan memudahkan mereka dalam mencari informasi terkhusus dalam bidang pendidikan kapanpun dan dimanapun mereka berada. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah persepsi generasi Z tentang media sosial di kelas VIII SMPN 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimanakah prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti generasi Z kelas VIII di SMPN 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Adakah pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti generasi Z kelas VIII di SMPN 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 4) Seberapa besar pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti generasi Z kelas VIII di SMPN 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey asosiatif yang dilakukan di SMPN 2 Jember. Populasi meliputi seluruh peserta didik kelas VIII yang beragama Islam yaitu berjumlah 208 peserta didik. Penentuan jumlah sampel dengan rumus slovin diperoleh 137 peserta didik sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Persepsi generasi Z tentang media sosial pada sub variabel karakteristik media sosial diperoleh rata-rata 3,65, pada sub variabel tujuan media sosial diperoleh 3,56 dan pada sub jenis-jenis media sosial diperoleh 3,78. 2) Prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti generasi Z kelas VIII berada pada kategori baik dengan prosentase 56,2%. 3) Terdapat pengaruh negatif media sosial terhadap prestasi belajar PAI dan budi pekerti generasi Z kelas VIII di SMPN 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019. 4) Besarnya pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti generasi Z kelas VIII di SMPN 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 5% yang diperoleh dari melihat koefiensi determinasi parsial (R2 ) yaitu 0,050.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19219

Actions (login required)

View Item View Item