Telaah Kurikulum Pesantren Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Laksono, Sugeng Hari (2019) Telaah Kurikulum Pesantren Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sugeng Hari Laksono_T20151294.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum pondok pesantren dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren al-bidayah tegal besar jember sangat penting untuk dilakukan penelitian. Pondok Pesantren menjadi salah satu alternatif dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren al-bidayah tegal besar jember. Oleh karena itu, untuk mewujudkannya maka formulasi kurikulum di Pondok Pesantren Al-Bidayah dilakukan secara mandiri. Kurikulum di pondok pesantren Al-Bidayah dalam penyusunannya, kurikulum dilaksanakan dengan cara musyawarah antara pengasuh dengan pengurus, kurikulum ketika sudah diterapkan maka akan diterapkan lagi oleh pengasuh sehingga tujuan kurikulum dapat tercapai, guru yang mengajar merupakan guru yang ahli dibidangnya, pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode diantaranya tutor sebaya, demonstrasi, analisi, hafalan dan praktek. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) bagaimana perencanaan tujuan kurikulum Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren al- bidayah tegal besar jember? 2) bagaimana struktur kurikulum Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren al-bidayah tegal besar jember? 3) bagaimana strategi kurikulum Pondok Pesantren Al-Bidayah mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren al-bidayah tegal besar jember? 4) bagaimana evaluasi kurikulum Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren al-bidayah tegal besar jember?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kurikulum Pondok Pesantren Al- Bidayah dalam mempertahankan nilai-nilai spritual. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menganalisis kurikulum Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam mempertahankan nilai-nilai spritual. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, interview dan dokumenter. Sedangkan dalam menganalisis data yaitu menggunakan model Miles and Huberman yang secara bertahap dilmulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan 1) Persiapan mengajar, strategi pembelajaran, dan tujuan kurikulum; 2) Fathul Qorib, Mafahim, Bidayatul Hidayah Ushul Fiqh.; 3) Sangsi berat dan ringan serta tutor sebaya.; 4) kognitif dan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19220

Actions (login required)

View Item View Item