Pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib sebagai Literasi Fiqih Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah SMP Negeri 1 Kalibaru Banyuwangi.

Rohmah, Vica Nialur (2019) Pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib sebagai Literasi Fiqih Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah SMP Negeri 1 Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vica Nilaur Rohmah_T20151253.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib yang diterapkan di Madrasah Diniyah Takmiliyah SMP Negeri 1 Kalibaru Banyuwangi yakni menggunakan dua metode. Yang pertama menggunakan metode ceramah dan yang ke dua metode demonstrasi. Penerapan metode dalam pembelajaran dilakukan untuk mempermudah bagi siswa agar memahami materi yang disampaikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib sebagai Literasi Fiqih Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah SMP Negeri 1 Kalibaru Banyuwangi? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib sebagai Literasi Fiqih Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah SMP Negeri 1 Kalibaru Banyuwangi? 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib sebagai Literasi Fiqih Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah SMP Negeri 1 Kalibaru Banyuwangi? Tujuan penulisan dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib sebagai Literasi Fiqih Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah SMP Negeri 1 Kalibaru Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib sebagai Literasi Fiqih Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah SMP Negeri 1 Kalibaru Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib sebagai Literasi Fiqih Siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah SMP Negeri 1 Kalibaru Banyuwangi. Dalam penelitian ini metode dan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data: wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1. Perencanaan pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib dilakukan dengan cara menyiapkan bahan ajar dan media pembelajaran. Berdoa bersama sebelum memulai pembelajaran dan mengulang kembali materi pembelajaran serta menyiapkan strategi pembelajaran dengan memberikan stimulus agar siswa berpikir kritis. 2. Pelaksanaan pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib dilakukan dengan cara sungguh-sungguh oleh ustadz menggunakan materi dari kitab Ghoyah Wa Taqrib dan kitab ini mudah dimengerti oleh siswa untuk diaplikasikan didalam kehidupan sehari-hari dan menggunakan metode ceramah, demonstrasi. 3. Evaluasi pembelajaran Kitab Ghayah Wa Taqrib dilakukan dengan evaluasi formatif. Evaluasi dengan cara tes lisan dan praktek terhadap siswa. Evaluasi untuk mengukur keberhasilan suatu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19221

Actions (login required)

View Item View Item