Pembelajaran Kitab al-Akhlaq li al-banin di MTsN 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Faikoh, Vina Elok (2019) Pembelajaran Kitab al-Akhlaq li al-banin di MTsN 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vina Elok Faikoh_T20151175.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Kitab al-Akhlaq li al-banin merupakan salah satu program penyelenggaraan program kajian ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber pada kitab berbahasa Arab.program kajian ini bertujuan mendidik dan menanamkan nilai-nilai agama kepada para siswa. Pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-banin merupakan contoh program kajian di MTsN 4 Jember. Dengan adanya pembelajaran Kitab al-Akhlaq li al-banin diselenggarakan setiap minggunya, maka madrasah akan mampu menerapkan pembelajaran kitab akhlaq dengan tujuan membentuk budi pekerti atau akhlak yang baik bagi para siswa-siswinya. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-banin di MTsN 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-banin di MTsN 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-banin di MTsN 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-banin di MTsN 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020; 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab al-Akhlaq li al- banin di MTsN 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020; 3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-banin di MTsN 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipasi pasif, wawancara tidak tersruktur, dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) Perencanaan pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-banin di MTsN 4 Jember ini dilakukan dengan menempuh jalan musyawarah. Adapun hasil musyawarah tersebut di tetapkannya tujuan dan visi misi madrasah, namun dalam perumusan perencanaan pembelajaran ini tidak dibentunya Silabus dan RPP dari hasil musyawarah sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran dan bukti secara tertulis. 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-banin, terlihat pada guru yang mengajar sangat kreatif dalam menerapkan metode dengan menggunakan beberapa bahasa daerah sehingga pembelajaran tidak membosankan. 3) Evaluasi pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-banin adalah evaluasi hasil belajar dengan menggunakan metode non tes yaitu pengamatan. Dari hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran kitab al-Akhlaq li al-banin secara kasat mata telah tercapai, ini terlihat dimana siswa telah mengaplikasikan materi yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19222

Actions (login required)

View Item View Item