Inovasi Pengajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pengembangan Teknologi Pendidikan Di SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2018/2019

Jannah, Vivi Ulfatul (2019) Inovasi Pengajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pengembangan Teknologi Pendidikan Di SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vivi Ulfatul Jannah_T20151220.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengajaran adalah proses, cara, perbuatan mengajar atau mengajarkan.Guru mengajar di suatu pihak dan siswa belajar di lain pihak.Pada proses pengajaran, seorang guru harus mampu mengembangkan teknologi pendidikan yang telah tersedia di suatu lembaga pendidikan. Teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia, salah satunya yang ada di SMA Negeri Ambulu. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana sistem pengajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri Ambulu tahun ajaran 2018/2019? 2) Bagaimana strategi pengembangan teknologi pendidikan pada proses pengajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri Ambulu tahun ajaran 2018/2019? 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan teknologi pendidikan pada proses pengajaran pendidiksn agama Islam di SMA Negeri Ambulu tahun ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan sistem pengajaran pendidikan agama Islam melalui pengembangan teknologi pendidikan di SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2018/2019 2) Untuk mendiskripsikan strategi pengembangan teknologi pendidikan pada proses pengajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2018/2019 3) Untuk mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan teknologi pendidikan pada proses pengajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2018/2019. Untuk mengidentifikasi permasalahn tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatis, jenis data yang didapatkan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang digunakan yakni Field Research. Lokasi penelitian yang dipilih yakni SMA Negeri Ambulu. Subjek penelitian yang digunakan yakni Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi non partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menurut Milles Huberman yang mencangkup 4 tahapan yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) sistem pengajarannya merujuk pada kurikulum K13. 2) Sretegi pengembangan teknologi pendidikan yakni dengan cara memfasilitasi peserta didik dengan sarana prasarana yang memadai, dan proses pengajaran didalam kelas menggunakan media Audio Visualdengan menampilkan film dan Power Point serta memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia seperti LCD, Free Wifi, dan juga lab komputer. 3) Faktor penghambat yang dihadapi yakni terdapat ruang kelas yang tidak memiliki LCD, dan juga pada mata pelajaran PAI siswa juga harus mendapat penjelas dari guru selain menonton film, dari segi faktor pendukung guru memanfaatkan lab komputer yang tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021410 Wasa'il wa Tiknulujia al-Ta'lim (Educational Media & Technology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19224

Actions (login required)

View Item View Item