Implementasi Pendidikan Karakter Dalam pembelajaran Pondok di Pondok Pesantren Nidhomiyyah Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember tahun 2018

Udzma, Wafiqotul (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam pembelajaran Pondok di Pondok Pesantren Nidhomiyyah Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wafiqotul Udzma _084 148 030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan di pondok pesantren dengan model boarding school maupun lesson study. Sistem pendidikan di pondok pesantren yang banyak ditiru oleh lembaga pendidikan modern antara lain Interaksi langsung antara kyai dan santri, hidup bersahaja/sederhana meskipun gedungnya megah, belajar dan beribadah berlangsung selama 24 jam, hubungan antara santri dan kyai merupakan hubungan multidimensional, kebiasaan hidup mandiri Berangkat dari permasalahan di atas maka permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah 1) . Implementasi metode pembelajaran sorogan dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Nidhomiyyah Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember? 2). Implementasi metode pembelajaran bandongan dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Nidhomiyyah Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember? Adapun Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan Implementasi metode pembelajaran sorogan dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Nidhomiyyah Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. 2). Mendeskripsikan Implementasi metode pembelajaran bandongan dalam karakter santri di pondok pesantren Nidhomiyyah Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nidhomiyyah Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik- teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) dokumentasi dan (3) wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan kemudian dianalisis. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan sajian visual. Implementasi metode pembelajaran pondok pesantren dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Nidhomiyyah Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember sesuai dengan prosedur dan acuan kurikulum yang berlaku serta bisa diterapkan untuk membentuk karakter Santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19225

Actions (login required)

View Item View Item