Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2019/2020.

Jannah, Wiwindari Uswatul (2019) Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wiwindari Uswatul Jannah _T20159016.pdf

Download (60MB)

Abstract

Pembelajaran sebagai proses memberikan bimbingan atau bantuan kepada peserta didik dalam melakukan proses belajar, dimana guru sebagai pembimbing bertolak dari banyaknya peserta didik yang bermasalah. Permasalahan tersebut membenarkan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan guru sebagai pusatnya seringkali menghasilkan pembelajaran kelas yang pasif. Dengan demikian, perlunya pengembangan model pembelajaran efektif dalam pencapaian hasil belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan discovery learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Plus Darus Sholah dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran discovery learning?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Plus Darus Sholah dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan discovery learning”. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Plus Darus Sholah, dengan sampel kelas VII-A dan VII-B dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu claster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Instrumen pengumpulan data mengguakan tes sebanyak 30 butir soal. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Independent sample t-test yang mana diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,004 Data tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi atau nilai sig (2-tailed) < 0,05, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima. Artinya ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini juga ditunjukkan oleh langkah-langkah pembelajaran yang terdapat pada model pembelajaran inquiry lebih dominan meningkatkan kemampuan berfikir kritiss siswa dan sikap aftif dalam pembelajaran di kelas dari pada model pembelajaran discovery learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19226

Actions (login required)

View Item View Item