Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak Lokomotor pada Kelompok B di Raudlatul Athfal Al Azhar Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Ningsih, Yuliati (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak Lokomotor pada Kelompok B di Raudlatul Athfal Al Azhar Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yuliati Ningsih_T201511037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dengan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar melalui gerak lokomotor pada anak kelompok B di Raudlatul Athfal Al Azhar Jember pada tahun pelajaran 2018/2019 diharapkan memberikan rangsangan dan mengalami peningkatan dalam kemampuan motorik kasar peserta didik. Fokus penelitian yang diteliti deskripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui gerak lokomotor berlari zig zag dan (2) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan engklek pada kelompok B di Raudlatul Athfal Al Azhar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui gerak lokomotor berlari zig zag dan (2) kemampuan motorik kasar anak melalui permainan engklek pada kelompok B di Raudlatul Athfal Al Azhar desa Tisnogambar kecamatan Bangsalsari kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan motorik kasar anak dalam melakukan gerak lokomotor berlari zig zag serta engklek, sehingga upaya tersebut dapat menstimulasi kemampuan motorik kasar peserta didik meningkat sesuai dengan harapan yang tercantum dalam silabus pembelajaran. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kemampuan Motorik Kasar, Gerak Lokomotor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19230

Actions (login required)

View Item View Item