Penerapan Strategi Learning Start with a Question (LSQ) Pada Pembelajaran Fikih di kelas VII Madrasah Tsanawiyah AlIshlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2018/2019

Ikrimah, Zahrotul (2019) Penerapan Strategi Learning Start with a Question (LSQ) Pada Pembelajaran Fikih di kelas VII Madrasah Tsanawiyah AlIshlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zahrotul Ikrimah_T20151178.pdf

Download (13MB)

Abstract

Strategi Learning Start with a Question (LSQ) suatu bentuk belajar kooperatif dalam bentuk proses pembelajaran langsung dimulai dengan pengajuan pertanyaan oleh masing-masing kelompok. Dan strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) merupakan cara yang dipilih dan digunakan oleh guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang mana strategi Learning Start with a Question (LSQ) membudayakan peserta didik untuk membaca materi terlebih dahulu sebelum dijelaskan oleh guru, dengan membaca peserta didik dapat mengkonstruksi pengetahuannya hingga bisa bertanya terkait materi yang kurang difahami, setelah peserta didik menulis beberapa pertanyaan guru langsung menerangkan atau menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik, dan menjelaskan secara detail terkait materi pembelajaran fikih. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada pembelajaran fikih di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2018/2019 ?, 2) Bagaimana penerapan strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada pembelajaran fikih di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2018/2019 ?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada pembelajaran fikih di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jengawah Tahun Pelajaran 2018/2019 ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada pembelajaran fikih di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada pembelajaran fikih di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada pembelajaran fikih di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jengawah Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, penentuan informan menggunakan Purposive Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis interaktif model Miles and Huberman dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, display data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran fikih menggunakan strategi Learning Start with a Question (LSQ) yakni dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yakni menyusun langkah-langkahya a) kegiatan awal, b) kegiatan inti, c) penutup.2) Penerapan pembelajaran fikih strategi Learning Start with a Question (LSQ) yakni dengan a) memberi kertas foto copy materi, b) membaca, c) memberi tanda yang tidak dipahami, d) membuat pertanyaan, e) membuat kelompok, f)guru menjelaskan pertanyaan terhadap peserta didik.3) Evaluasi pembelajaran strategi Learning Start with a Question (LSQ) di lihat dari keaktifan peserta didik di dalam kelas saat menulis pertanyaan, pertanyaan yang paling banyak ditulis akan mendapatkan nilai tertinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:17
Last Modified: 27 Feb 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19232

Actions (login required)

View Item View Item