Fawaidurroziqin, Ahmad (2018) Strategi Maintenance dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ahmad Fawaidurroziqin_083133015.pdf Download (3MB) |
Abstract
Persaingan memperebutkan nasabah bank di Indonesia sangat ketat. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang tepat dalam mempertahankan loyalitas nasabah. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Muamalat Jember untuk menarikminat nasabah dan mempertahankan loyalitas nasabah ialah Strategi maintenance. Strategi maintenance yang digunakan oleh Bank Muamalat ini banyak juga diterapkan oleh bank-bank yang lainnya di seluruh Indonesia. Salah satunya di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Strategi yang digunakan adalah antara lain dengan cara memberikan perhatian khusus kepada nasabah dengan menghubungi nasabah, memberikan ucapan selamat, pemberian hadiah, dan lain sebagainya tidak hanya nasabah prioritas saja akan tetapi semua nasabah yang menanamkan modalnya di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Bank juga menawarkan produk-produk unggulan yang berbeda dengan bank lain seperti tabungan prima berhadiah dan tabungan rencana berhadiah. Fokus masalah 1) bagaimana aplikasi strategi maintenance dalam mempertahankan loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. 2) bagaimana peran dari strategi maintenanc edalam mempertahankan loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Tujuan yang ingindicapaidalampenelitianiniadalah: 1) untuk mengetahui aplikasi strategi maintenance dalam mempertahankan loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. 2) untuk mengetahui peran strategi maintenance dalam mempertahankan loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian mengunakan kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara sumber, dan dokumentasi, dan validitas data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian dari strategi maintenance yang dilakukan oleh Bank Muamalat Kantor Cabang Jember antara lain: 1) Pengaplikasian strategi maintenance dengan cara memberikan fasilitas-fasilitas kelas atas seperti layanan pick up dana, pelayanan pembukaan rekening di tempat nasabah bagi nasabah yang tidak bisa dating ke Bank Muamalat, sertasilaturahmi kerumah nasabah yang membutuhkan teman shering atau curhat. Khusus untuk nasabah prioritas yang dananya 100 juta ke atas mendapat tambahan layanan Free Transfer, Free Airport lounge dan Gift Riward. 2) peran strategi maintenance di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah. Kata kunci: Maintenance, Loyalitas, Free transfer
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 07:48 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 07:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19265 |
Actions (login required)
View Item |