Analisis Pelayanan Nasabah Di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bondowoso.

Safitri, Anita (2019) Analisis Pelayanan Nasabah Di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anita Safitri_083143255.pdf

Download (3MB)

Abstract

BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial. Program BPJS Bondowoso adalah program jaminan hari tua, program jaminan kematian, dan program jaminan kecelakaan kerja. Permasalahan yang terjadi di perusahaan ini adalah masalah kualitas pelayanan seperti halnya pelayanan dari segi pelayanan frontliner masih ada keluhan dari nasabah terkait informasi yang kurang akurat bahkan pelayanan disini sering kali membuat nasabah menunggu karena tidak adanya nomor antrian membuat nasabah yang datang terlebih dahulu namun pelayanannya terlambat. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana standar pelayanan nasabah di BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso ? 2) Bagaimana pelayanan nasabah di BPJS ketenagakerjaan Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui standar pelayanan nasabah di BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso. 2) Untuk mengetahui pelayanan nasabah di BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sabyek BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa 1) Standar pelayanan nasabah di BPJS Ketenagakerjaan yakni, standar pelayanan dari segi pakaian, standar pelayanan dari segi salam, tanda bukti penerimaan berkas, nomer antrian, toilet umum, ruang tunggu, dan fasilitas penunjang lainnya seperti AC, free wifi, free coffee dan lain-lain. Masih ada banyak sekali yang perlu diperhatikan diantaranya struktur yang masih belum ada.. 2) pelayanan nasabah di BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso sudah cukup baik semisal dari segi pakaian, salam, tanda bukti pengumpulan berkas dan lain-lain, hanya saja disini masih tidak ada petunjuk mengenai toilet dan penggunaan nomor antrian masih belum maksimal karena nomer antrian hanya digunakan saat pengunjung mulai ramai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:48
Last Modified: 28 Feb 2023 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item