Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud) Di BNI Syariah Kantor Cabang Jember

Amila, Askiatul (2018) Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud) Di BNI Syariah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Askiatul Amila_083133041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebagai lembaga keuangan perbankan, bank syariah juga menghadapi resiko adanya tindakan fraud. Terlebih dengan masih banyaknya sumber daya manusia (SDM) yang terlibat di dalam perbankan syariah namun tidak memiliki pengalaman akademis maupun praktis dalam bidang perbankan syariah. Sebagai lembaga keuangan yang berdasarkan hukum positif dan syariat islam, tindakan fraudyang ditemukan pada bank syariah dapat mempengaruhi nilai kredibilitas perbankan syariah dan nilai-nilai islami dimata masyarakat umum. Rumusan masalah 1) Bagaimana peranan audit internal dalam pencegahan kecurangan (fraud)di BNI Syariah Kantor Cabang Jember? 2) Bagaimana pengendalian internal dalam pencegahan kecurangan (fraud) di BNI Syariah Kantor Cabang Jember? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peranan audit internal dalam pencegahan kecurangan (fraud) di BNI Syariah Kantor Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengendalian internal dalam pencegahan kecurangan (fraud) di BNI Syariah Kantor Cabang Jember. Metodologi penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi, dan teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Adapun hasil penelitian yang di dapatkan bahwa 1) Peranan audit internal dalam pencegahan kecurangan (fraud) di BNI Syariah Kantor Cabang Jember melalui proses pemeriksaan kecurangan di bidang operasionalnya sebagai strategi pencegahan kecurangan di dalam perusahaan yang dampaknya dapat mempengaruhi penurunan kecurangan (fraud).2) Pengendalian internal dalam pencegahan kecurangan (fraud) di BNI Syariah Kantor Cabang Jember dalam pencegahan kecurangan dengan menerapkan suprise audit, strategi ini efektif untuk memastikan bahwa operasional di dalam perusahaan berjalan sebagaimana mestinya. Kata Kunci : Audit Internal dalam pencegahan kecurangan (fraud)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:47
Last Modified: 28 Feb 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19270

Actions (login required)

View Item View Item