Implementasi Sharia Compliance (Studi Kasus Produk Rahn Emas Syariah di PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Ahmad Yani Jember)

Ratnasari, Ayu (2018) Implementasi Sharia Compliance (Studi Kasus Produk Rahn Emas Syariah di PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Ahmad Yani Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayu Ratnasari_083 143 010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahn (gadai) emas adalah produk yang dimiliki oleh PT. Pegadaian (persero) Syariah untuk memenuhi kebutuhan dana cepat yang sesuai syariah. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui mekanisme produk Rahn emas dan bagaimana penerapan sharia compliance dalam produk tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi Rahn emas di PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Ahmad Yani Jember?. 2) Bagaimana kepatuhan syariah diterapkan dalam produk Rahn emas di PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Ahmad Yani Jember?. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi Rahn di PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Ahmad Yani Jember dan untuk menilai penerapan kepatuhan syariah pada produk Rahn emas di PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Ahmad Yani Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif . teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan produk Rahn emas di PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Ahmad Yani Jember yang dilakukan dalam setiap transaksi rahn (gadai) emas dapat diterima nasabah, karena proses yang sederhana, praktis, dan waktu yang dibutuhkan lebih efisien, sehingga kebutuhan keterdesakan nasabah lebih cepat terpenuhi. 2) Produk Rahn emas di PT. Pegadaian (persero) Syariah Cabang Ahmad Yani Jember telah memenuhi ketentuan kepatuhan syariah (sharia compliance) berdasarkan Fatwa DSN-MUI. Kata kunci: Sharia Compliance, Rahn Emas, Fatwa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:43
Last Modified: 28 Feb 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19272

Actions (login required)

View Item View Item