Analisis Perilaku Nasabah Dalam Memilih Deposito Mudharabah Di BMT UGT Sidogiri Capem Jenggawah

Rizalianty, Diva (2018) Analisis Perilaku Nasabah Dalam Memilih Deposito Mudharabah Di BMT UGT Sidogiri Capem Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diva Rizalianty_083143159.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku Nasabah adalah interaksi dinamis antara pengaruh dan kognisi, perilaku dan kejadian di sekitar kita, yaitu tempat manusia melakukan aspek pertukaran didalam hidup mareka. Diantara berbagai macam produk BMT salah satunya yakni produk deposito mudharabah yang sangat menarik minat nasabah sehingga setiap tahunya mengalami peningkatan tahun semakin meningkat. Fokus masalah yang diteliti adalah bagaimana perilaku Nasabah dan faktor-faktor yang mendorong dalam memilih Deposito Mudhrabah di BMT UGT Capem Jenggawah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku nasabah dalam memahami perilaku nasabah dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam memutuskan memilih produk Deposito Mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Jenggawah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dalam pengumpulan data bersumber dari lapangan, melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain tu dalam penelitia ini juga menggunakan studi pustaka yang digunakan sebagai pendukung kesempurnaan data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneltian field risearch dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan purposive sampling serta untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap nasabah yang memilih deposito mudharabah memiliki perilaku yang berbeda-beda. Tindakan nasabah dalam mengambil suatu keputusan yaitu degan mengenali masalah, mencari informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pascapembelian. Selain itu terdapat dua unsur yang mempengaruhi perilaku nasabah yakni unsur internal dan unsur eksternal. Unsur internal yang mempengaruhi perilaku nasabah diantaranya yaitu faktor pribadi, faktor sosial dan faktor budaya terdapat dua faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku nasabah yaitu faktor pribadi dan faktor sosial. Sedangkan unsur eksternal dipengaruhi oleh adanya personal selling dan advertising. Kata kunci: Perilaku Nasabah, Deposito Mudharabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:44
Last Modified: 28 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19280

Actions (login required)

View Item View Item