Implementasi Sistem One Time Password Terhadap Perlindungan Customer Pada Produk Internet Banking Di Bank Negara Indonesia KC Jember

Rohmah, Elok Fatur (2018) Implementasi Sistem One Time Password Terhadap Perlindungan Customer Pada Produk Internet Banking Di Bank Negara Indonesia KC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Fatur Rohmah_083143236.pdf

Download (4MB)

Abstract

Internet banking adalah layanan untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Untuk menggunakan internet banking nasabah harus memiliki user id, media token atau One Time Password (OTP) dan jaringan internet. Jumlah penggguna internet dan sms banking per akhir Desember 2017 menjadi 9,9 juta pengguna dari 7,4 juta pengguna per Desember 2016 atau mengalami kenaikan 34% secara tahunan.Pertumbuhan internet banking yang didukung dengan perkembanganteknologi, media sosial dan pola hidup masyarakat memberikanmanfaat bagi industri perbankan antara lain menghasilkanpendapatan dari fee-based income, mengurangi biaya transaksi,pengembangan bisnis, dan meningkatkan kepercayaan atau loyalitasnasabah. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah implementasi sistem one time password pada produk internet banking di Bank Negara Indonesia KC Jember? 2) Bagaimana mekanisme perlindungan nasabah Bank Negara Indonesia yang menggunakan produk internet banking? Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Memaparkan implementasi dari sistem one time password pada produk internet banking di Bank Negara Indonesia 2. Memaparkan mekanisme dari perlindungan nasabah Bank Negara Indonesia yang menggunakan produk internet banking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa1) Implementasi sistem one time password pada produk internet banking di Bank Negara Indonesia KC Jember yaitu pertama jika nasabah ingin mendapatkan OTP maka harus mendaftarkan nomer yang ada di SIM 1, kedua di handphone nasabah harus terdapat pulsa karena pengiriman OTP akan memotong pulsa nasabah. Server meminta user untuk memasukkan password OTP yang dihasilkan token virtual kemudian server melakukan validasi terhadap pasword OTP tersebut. 2)Mekanisme perlindungan nasabah Bank Negara Indonesia yang menggunakan produk internet banking yaitu bila terjadi hal-hal yang mencurigakan atau mengancam terhadap nasabah pengguna internet banking, nasabah bisa langsung memberitahukan kepada pihak bank melalui call center 1500046 (layanan 24 jam), atau bisa datang langsung ke customer service dan menyampaikan pengaduan secara tertulis. Kemudian pihak bank akan melakukan pemeriksaan internal atas pengaduan nasabah. Kata Kunci: One time Password, Perlindungan Customer, Internet Banking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:44
Last Modified: 28 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19282

Actions (login required)

View Item View Item