Dampak Pembiayaan Murabahah BMT UGT Sidogiri Cabang Wongsorejo Banyuwangi Terhadap Pedagang Pasar Bajulmati Wongsorejo Banyuwangi.

Sandana, Fika (2018) Dampak Pembiayaan Murabahah BMT UGT Sidogiri Cabang Wongsorejo Banyuwangi Terhadap Pedagang Pasar Bajulmati Wongsorejo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fika Sandana_083 143 256.pdf

Download (3MB)

Abstract

BMT UGT Sidogiri adalah salah satu lembaga keuangan syariah yang melaksanakan pembiayaan murabahah. Dimana lembaga keuangan syariah dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya dituntut untuk menjalankan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana system pembiayaan Murabahah di BMT UGT Sidogiri cabang Wongsorejo? 2) Apa dampak pembiayaan Murabahah di BMT UGT Sidogiri Cabang Wongsorejo terhadap perkembangan usaha pedagang pasar Bajulmati?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui sistem pembiayaan Murabahah di BMT UGT Sidogiri Cabang Wongsorejo. 2) Mengetahui dampak pembiayaan Murabbahah di BMT UGT Sidogiri Cabang Wongsorejo Banyuwangi terhadap perkembangan usaha pedagang pasar Bajulmati. Penelitian ini merupakan penelitian field reasrch dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang jenisnya deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sistem pembiayaan Murabahah di BMT UGT Sidogiri cabang Wongsorejo, Mengisi formulir pengajuan pembiayaan, dan nasabah melengkapi beberapa persyaratan yaitu nasabah menyerahkan fotocopi KTP, fotocopi Kartu keluarga (KK), surat nikah (jika telah menikah), jika ada slip gaji. Setelah pengajuan selesai lalu pengajuan permohonan tersebut akan di serahkan kepada kasir, dan oleh kasir diajukan kepada AOSP yang khusus menangani pembiayaan. Setelah pengajuan permohonan selesai maka penting untuk dilakukan survey lingkungan langsung ke calon nasabah pemohon pembiayaan untuk menentukan kelayakan calon nasabah tersebut menerima pembiayaan dari BMT UGT Cabang Wongsorejo. 2) Dampak pembiayaan murabahah pada BMT UGT Sidogiri Cabang Wongsorejo Banyuwangi, memiliki dampak yang sangat positif. Dikarenakan para pedagang pasar Bajulmati merasakan kemajuan dalam usahanya. Bentuk peningkatan usaha yang dirasakan adalah kesejahteraan ekonomi dimana pedagang pasar Bajulmati yang dulunya menyewa mobil untuk mengangkut barang sekarang sudah bisa membeli mobil untuk mengangkut barang dagangan sendiri. Kata Kunci : Murabahah, Usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:44
Last Modified: 28 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19286

Actions (login required)

View Item View Item