Analisis Pengaruh Pembiayaan Modal Kerja Terhadap profitabilitas PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk

Amaliah, Hannah Faizatul (2019) Analisis Pengaruh Pembiayaan Modal Kerja Terhadap profitabilitas PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hannah Faizatul Amaliah_083 143 274.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menyalurkan pembiayaan kepada masyarakat merupakan salah satu fungsi pokok Bank Syariah yang dilakukan dengan spirit tolong menolong dan kebajikan. Pengusaha berbadan hukum maupun perseorangan dapat menikmati manfaat dari produk Pembiayaan Modal Kerja (PMK) yang disalurkan oleh Bank Syariah untuk mendapatkan tambahan modal dan memenuhi kebutuhan usahanya. Permodalan adalah hal pokok dalam menjalankan suatu usaha dan menyalurkan pembiayaan merupakan fungsi pokok dari Bank Syariah, dengan begitu kedua belah pihak akan dapat saling diuntungkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Pembiayaan Modal Kerja berpengaruh terhadap profitabilitas PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk?; 2) Seberapa besar Pembiayaan Modal Kerja berpengaruh terhadap profitabilitas PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk? Sesuai rumusan maalah di atas, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pengaruh Pembiayaan Modal Kerja terhadap profitabilitas PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk; 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembiayaan Modal Kerja terhadap profitabilitas PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Variable independen dalam penelitian ini adalah PMK sedangkan variable dependennya adalah profitabilitas (ROA) dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, uji t, serta uji koefisien determinas (R2 ). Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa 1) Variabel PMK dengan menggunakan uji t tidak bepengaruh terhadap profitabilitas (ROA). Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan SPSS yang menunjukan t hitung memiliki nilai -0,715 dan t tabel 2,10092. 2) adapun besaran tingkat pengaruh PMK terhadap profitabilitas (ROA) sangatlah kecil yaitu sebesar -0,055 (-5,5%) yang didapat dari hasil Adjusted RSquare. Kata kunci: PMK dan profitabilitas (ROA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:44
Last Modified: 28 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19289

Actions (login required)

View Item View Item