Pengaruh Kualitas Aktiva Produktif dan Non Performing Financing terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah ( Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Tahun 2011-2017)

Hasanah, Ifadatul (2018) Pengaruh Kualitas Aktiva Produktif dan Non Performing Financing terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah ( Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Tahun 2011-2017). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ifadatul Hasanah_083 133 046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bank syari’ah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syari’ah. Dalam melihat kinerja suatu bank dapat diukur melalui profitabilitasnya yang salah satunya adalah dengan menggunakan Return On Asset (ROA). Penelitian ini mencoba untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Profitabilitas pada Bank Muamalat Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) Apakah Kualitas Aktiva Produktif (KAP) dan Non Performing Financing (NPF) berpengaruh secara simultan terhadap Return On Asset (ROA)?, b) Apakah Kualitas Aktiva Produktif (KAP) dan Non Performing Financing (NPF) berpengaruh secara parsial terhadap Return On Asset (ROA)? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian time series. Adapun sampel yang digunakan adalah Laporan Keuangan Triwulanan Bank Muamalat Indonesia periode 2011-2017. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap suatu variabel terikat dengan menggunakan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa secara simultan Kualitas Aktiva Produktif (KAP) dan Non Performing Financing (NPF) berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA) dengan tingkat pengaruh sebesar 57,9% yang tergolong sedang. Berdasarkan uji t (parsial) dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Aktiva Produktif (X1) berpengaruh secara parsial terhadap variabel Return on Assets (Y) sedangkan Non Performing Financing (X2) tidak berpengaruh terhadap variabel Return on Assets (Y). Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi untuk variabel Kualitas Aktiva Produktif (X1) adalah sebesar 0,014 yang lebih kecil dari 0,05. Sedangkan untuk variabel Non Performing Financing (X2) diperoleh nilai signifikansi 0,605 yang lebih besar dari 0,05. Kata Kunci: Kualitas Aktiva Produktif, Non Performing Financing, Return on Assets

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:45
Last Modified: 28 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19296

Actions (login required)

View Item View Item