Pengaruh Produk, Nisbah, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kota Batu.

Sa'diah, Jamilatus (2018) Pengaruh Produk, Nisbah, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jamilatus Sa’diah_083133150.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepuasan nasabah dalam bidang jasa seperti dalam perbankan merupakan sebuah elemen penting dan sangat menentukan dalan menumbuhkembangkan perusahaan agar tetap eksis dalam menghadapi persaingan. Karena perbankan merupakan bisnis yang berdasarkan pada azas kepercayaan, masalah kulitas (service quality), dan kualitas produk menjadi faktor penting dalam keberhasilan bisnis ini. Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan(nasabah) Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Apakah produk, nisbah dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah secara parsial di BRI Syari’ah KCP Kota Batu? (2) Apakah produk, nisbah dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah secara simultan di BRI Syari’ah KCP Kota Batu? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pakah produk, nisbah dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah secara parsial di BRI Syari’ah KCP Kota Batu. (2) Apakah produk, nisbah dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah secara simultan di BRI Syari’ah KCP Kota Batu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (Penelitian Lapangan). Populasi dan sampel penelitian yaitu sebagian nasabah BRI Syariah Kantoe Cabang Pembantu Kota Batu dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 100 responden nasabah dengan teknik sampling jenuh (sensus). Setelah itu dilakukan analisis data dengan menggunakan analisa data kuantitatif. Alat analisa data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas) dan analisis regresi linier berganda (uji t dan uji F ) dengan bantuan program SPSS versi 19.0 for windows. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel produk dan nisbah yang berpengaruh positif dan signifikan. Variabel produk nilai t hitung 3.308 > t tabel 1.984, nilai signifikan 0,001 < 0,05 (variabel paling berpengaruh), variabel nisbah nilai t hitung 2,778 > t tabel 1.984, nilai signifikan 0,011 < 0,05, variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung - 1.171 < t tabel 1.984 nilai signifikan 0,245 > 0,05. Sedangkan secara simultan atau bersama-sama variabel produk, nisbah, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai Fhitung 103,835 > Ftabel 2,70, nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata kunci : Produk, Nisbah, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:45
Last Modified: 28 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19299

Actions (login required)

View Item View Item