Analisis Perlindungan Konsumen Leasing Terhadap Kredit Kendaraan di PT Pegadaian UPC Kalisat.

Anwar, Khoirul (2018) Analisis Perlindungan Konsumen Leasing Terhadap Kredit Kendaraan di PT Pegadaian UPC Kalisat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoirul Anwar_083143099.pdf

Download (7MB)

Abstract

Leasing adalah salah satu jenis pembiayaan, dan dalam bahasa Indonesia sering diistilahkan dengan “sewa guna usaha”. Dalam perkembangan bisnis dan usaha, menyebabkan terjadinya kompetisi yang semakin ketat di antara para pelaku pasar dalam penyediaan modal, yang melahirkan berbagai produk pasar yang serba memudahkan konsumen. Tak heran bila iklan yang amat merayu bermunculan dengan inti memberi kemudahaan bagi konsumen. Dalam sekejap konsumen dapat segera mengendarai kendaraan yang diinginkan tetapi tak bayak konsumen yang menyadari bahwa konsekuensi dan berbagai kemunggkinan negatif amat mengikat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perlindungan konsumen leasing pada saat sebelum transaksi terhadap kredit kendaraan di PT Pegadaian UPC Kalisat? 2) Bagaiana perlindungan konsumen leasing pada saat setelah transaksi terhadap kredit kendaraan di PT Pegadaian UPC Kalisat? 3) Bagaimana pelaksanaan leasing terhadap kredit kendaraan di PT Pegadaian UPC Kalisat? Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perlindungan konsumen leasing di PT Pegadaian UPC Kalisat pada saat sebelum transaksi dan pada saat sesudah transaksi terhadap kredit kendaraan serta pelaksanaan pembiayaan leasing yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dipeoleh dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perlindungan konsumen pada saat sebelum transaksi meliputi penjelasan informasi mengenai pembiayaan dan halhal yang berkaitan dengan penada tanganan akad perjanjian pembiayaan Amanah/Leasing antara pihak pegadaian dengan konsumen. 2) Perlindungan konsumen pada saat sesudah transaksi meliputi perlindungan pada saat pembayaran angsuran tiap bulannya, perlindugan jika konsumen mengalami gagal bayar dalam angsuran dan melindugi setelah konsumen dinyatakan pembiayaan Amanah/Leasing oleh konsumen telah selesai/lunas dengan menerbitkan surat keterangan lunas(SKL). 3) Proses pelaksanaan pembiayaan leasing meliputi kelengakapan persyaratan dokumen yang dibutuhkan, terima berkas dari konsumen, survey tim mikro dan verifikasi data jika OK hub Dealer, bersama konsumen beli kendaraan ke dealer dan penanda tanganan akad perjanjian pembiayaan Amanah/Leasing hingga proses selesai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:45
Last Modified: 28 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19300

Actions (login required)

View Item View Item