Analisis Pelaksanaan Akad Murabahah Pada Produk Tabungan Emas Terhadap Keuntungan Dana Titipan di Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Simpang Lima Banyuwangi.

Yuliyana, Liyun (2018) Analisis Pelaksanaan Akad Murabahah Pada Produk Tabungan Emas Terhadap Keuntungan Dana Titipan di Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Simpang Lima Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Liyun Yuliyana_083143213.pdf

Download (5MB)

Abstract

Produk tabungan emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Adapun akad yang digunakan pada tabungan emas adalah Murabahah, yakni skema pembiayaan dengan menggunakan metode transaksi jual beli biasa. Dalam skema murabahah, bank membeli barang dari produsen, kemudian menjualnya kembali ke nasabah ditambahkan dengan keuntungan yang disepakati oleh bank dan nasabah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : a) Bagaimana pelaksanaan akad Murabahah pada produk tabungan emas di Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Simpang Lima Banyuwangi, b) Apa saja keuntungan dana titipan pada produk tabungan emas di Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Simpang Lima Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah : a) Untuk mengetahui pelaksanaan akad Murabahah pada produk tabungan emas di Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Simpang Lima Banyuwangi, b) Untuk mengetahui keuntungan dana titipan pada produk tabungan emas di Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Simpang Lima Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan di Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Simpang Lima Banyuwangi dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini menggunakan field research (penelitian lapangan), yang mana penelitian ini lebih menitikberatkan kepada hasil pengumpulan data dari informan yang telah ditentukan. Hasil penelitian bahwa : a) Pelaksanaan akad murabahah pada produk tabungan emas yaitu Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Simpang Lima Banyuwangi membeli emas ke PT.ANTAM kemudian menjualnya kembali ke nasabah dengan pengambilan keuntungan yang berbeda dengan akad murabahah murni, yakni keuntungan diambil dari selisih antara harga beli atau menabung dengan harga jual/buyback sebesar 3%. Untuk pembelian emas pihak pegadaian syariah dapat melakukan pembelian ke PT.ANTAM yang merupakan perusahaan emas milik negara (BUMN) atau ke UBS yang merupakan perusahaan emas swasta. b) Keuntungan dana titipan pada produk tabungan emas yaitu diantaranya sebagai berikut: keamanan, terhindar dari inflasi, sebagai investasi jangka panjang dan sebagai jaminan produk lain seperti Arrum haji. Kata Kunci : Murabahah, Tabungan Emas, Dana Titipan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:45
Last Modified: 28 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19307

Actions (login required)

View Item View Item