Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Leasing Kendaraan Bermotor Di Cs Finance Jember.

Arlian, Ludita Cosa (2018) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Leasing Kendaraan Bermotor Di Cs Finance Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ludita Cosa Arlian_083 143 085.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam perusahaan jasa, kualitas pelayanan adalah satu hal yang selalu diperhatikan karena baik dan buruknya suatu perusahaan ditentukan oleh kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumennya. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan, akan menciptakan kepuasan bagi para konsumennya. Sulitnya perekonomian di Indonesia pada saat ini, mengharuskan masyarakat kecil dan menengah kebawah sangat membutuhkan transportasi yang sesuai dengan penghasilan dari masing-masing individu. Yang mana salah satu fungsi dari kendaraan bermotor tersebut berguna sebagai sarana penunjang perekonomian dari individu tersebut. Seiring dengan kebutuhan serta permintaan masyarakat akan sarana transportasi yang layak dan memadai untuk digunakan, mengharuskan setiap individu untuk bergerak lebih mudah serta lebih cepat untuk mencapai tujuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kegiatan utama perusahaan sewa guna usaha atau leasing adalah bergerak di bidang pembiayaan untuk keperluan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Apakah ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah di CS Finance Jember. (2) Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di CS Finance Jember? Tujuan penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah di CS Finance Jember dan Untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di CS Finance Jember. Penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis, uji validitas dan uji reliabilitas, uji regresi sederhana menggunakan uji hipotesis dan uji determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di CS Finance Jember. Berdasarkan nilai thitung > ttabel pada variabel X adalah 7,555 > 1,660 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya signifikan. Jadi kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di CS Finance Jember. (2) Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,364. Besarnya nilai Adjusted R Square menunjukkan pengaruh antara variabel X dan Y yang diperoleh. Jika dapat dikatakan bahwa kontribusi dari variabel X yaitu kualitas pelayanan dan variabel Y yaitu kepuasan nasabah adalah 36,4%. Hal ini menunjukkan tingkat pengaruh. Berdasarkan analisis dan interpretasi diatas dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di CS Finance Jember. Kata Kunci : kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:46
Last Modified: 28 Feb 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19309

Actions (login required)

View Item View Item