Pengaruh Pengendalian Internal, audit intern dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan (Analisis Persepsi Karyawan Bank X KC Jember)

Budiyati, Martha Anggita (2018) Pengaruh Pengendalian Internal, audit intern dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan (Analisis Persepsi Karyawan Bank X KC Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Martha Anggita Budiyati_083143069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, artinya aktivitas perbankan selalu berkaitan dalam bidang keuangan yang sangat rentan dengan adanya praktek-praktek fraud.Untuk meminimalisir adanya praktikpraktik fraud tersebut maka bank hendaknya membuat penafsiran terhadap suatu laporan keuangan, sebelumnya bank harus dapat meyakini bahwa laporan keuangan tersebut benar-benar dapat dipercaya. Dalam praktiknya laporan keuangan yang telah disusun perlu dilakukan pemeriksaan (audit) lebih lanjut. Tak luput dari hal tersebut sistem pengawasan atau pengendalian internal yang terdapat pada perusahaan juga merupakan faktor yang dapat menentukan dapat dipercaya atau tidaknya laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Dan seiring dengan perkembangan waktu, untuk mendukung perkembangan dalam industri perbankan yang semakin pesat, dukungan teknologi atau sistem menjadi penting dan merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat diabaikan. Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan bahwa adakah pengaruh secara parsial dan simultan antara pengendalian internal, audit intern, dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pada Bank X KC Jember? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara pengendalian internal, audit intern, dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pada Bank X KC Jember. Dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara pengendalian internal, audit intern, dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pada Bank X KC Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam analisis regresi linier berganda ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu: Koefisien Determinasi (R2 ), Uji F dan Uji t. Namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dahulu data harus memenuhi Uji Asumsi Klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal, audit intern dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi secara simultan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pada BANK X KC Jember dengan tingkat pengaruh sebesar 55,9%. Sedangkan melalui uji secara parsial terdapat pengaruh antara pengendalian internal dengan signifikansi sebesar 0,065, audit intern sebesar 0,035 dan sistem informasi akuntansi sebesar 0,017 terhadap kualitas laporan keuangan pada BANK X KC Jember. Kata Kunci : Pengendalian internal, audit intern, sistem informasi akuntansi, kualitas laporan keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:46
Last Modified: 28 Feb 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19312

Actions (login required)

View Item View Item