Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia Mengenai Jabatan Yang diterima Di BRISyariah Kantor Cabang Jember

Rido, Moh. Soleh (2018) Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia Mengenai Jabatan Yang diterima Di BRISyariah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Soleh Rido_083 143 019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam menunjang perkembangan perbankan saat ini, sumber daya manusia (SDM) terbaik sangat diperlukan oleh bank. Karena kesuksesan dan kegagalan suatu perusahaan tidak terlepas dari SDM yang mengelolanya. Oleh karena itu, sebenarnya modal yang paling penting dalam perusahaan itu bukanlah uang atau teknologi canggih, tetapi sumber daya manusia yang qualified yang lebih dikenal dengan istilah human capital untuk menempati jabatan yang ada. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana analisis kompetensi sumber daya manusia di BRISyariah kantor cabang Jember? 2) Apakah jabatan yang diterima sesuai dengan kompetensi di BRISyariah kantor cabang Jember? 3) Bagaimana dampak apabila kompetensi sumber daya manusia dengan jabatan yang diterima di BRISyariah kantor cabang Jember? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis kompetensi sumber daya manusia di BRISyariah kantor cabang Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan jabatan yang diterima sesuai dengan kompetensi di BRISyariah kantor cabang Jember. 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak apabila kompetensi sumber daya manusia dengan jabatan yang diterima di BRI Syariah kantor cabang Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan tehnik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia di BRISyariah kantor cabang Jember. Motivasi karyawan diantaranya ingin membahagiakan keluarga, ingin mendapatkan jenjang karir lebih tinggi dan ingin mengembangkan ekonomi Islam. Perusahaan mengharuskan pegawainya untuk mempunyai watak sesuai syariah. Sikap dan nilai-nilai yang dimiliki karyawan adalah kekeluargaan. Perusahaan selalu melakukan pengembangan pengetahuan kepada para karyawannya, Skill atau kemampuan yang dimiliki karyawan secara garis besar telah sesuai dengan standart operating procedure dari perusahaan. 2) Jabatan sudah sesuai dengan kompetensi SDM. Karyawan berkompetensi pada tiap lini jabatan. Tanggung jawab karyawan harus mengacu pada job description. Karyawan telah mengapliasikan wewenang dengan baik. Dalam melaksanakan haknya karyawan dinilai baik. Standart Operating Procedure (SOP) yang diterapkan di audit oleh Tim Quality Review Internal setiap bulannya dan setiap tahunnya di audit oleh Tim Internal Audit. 3) Dampak kompetensi sumber daya manusia dengan jabatan yang diterima di BRISyariah kantor cabang Jember. Kompetensi karyawan sangat berpengaruh terhadap jabatannya. Perusahaan akan melihat motivasi, sifat, sikap, pengetahuan dan kemampuannya dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:46
Last Modified: 28 Feb 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19318

Actions (login required)

View Item View Item