Analisis Pelaksanaan Lelang Terhadap Benda Jaminan Sebagai Akibat Wanprestasi Di Bank Mandiri Kc. Jember

Taufiqurrohman, Mohammad (2018) Analisis Pelaksanaan Lelang Terhadap Benda Jaminan Sebagai Akibat Wanprestasi Di Bank Mandiri Kc. Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Taufiqurrohim_083143111.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sektor yang digunakan pemerintah dalam rangka mencapai tujuannya untuk mensejahterakan warganya adalah melalui lembaga pengkreditan. Maka dari itu banyak sekali warga atau nasabah bank yang menggunakan fasilitas peminjaman modal yang telah disediakan oleh bank yang bersangkutan. Lembaga keuangan seperti Bank dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat dan negara. Seperti yang tercantum dalam pasal 2 Undang-undang Nomor 10 tahun 1998. Sesuai dengan latar belakang tersebut dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu : (1) Bagaimana proses pengikatan barang jaminan di Bank Mandiri KC. Jember (2) Bagaimanakah langkah-langkah yang ditempuh oleh Bank Mandiri KC. Jember bila terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh Debitur (3) Bagaimanakah pelaksanaan lelang benda jaminan di Bank Mandiri KC. Jember. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk lebih mendalami dan memahami proses pengikatan benda jamina di Bank Mandiri Jember. (2) Untuk Mengetahui langkah-langkah yang ditempuh oleh Bank Mandiri Jember bila terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh debitur (3) Untuk mengetahui pelaksanaan lelang benda jaminan di Bank Mandiri KC. Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik atau metode. Hasil penelitian ini adalah : (1) Proses Pengikat benda jaminan di Bank Mandiri adalah sebagai berikut debitur harus mngajukan kredit ke bank nanti bank akan mengirim surat ke notaris dari notaris nanti muncul APHT (akte pembebanan hak tanggungan), setelah itu dilanjutkan ke BPN untuk mendapatkan SHT (surat hak tanggungan) (2) langkah-langkah yang ditempuh oleh Bank Mandiri KC. Jember bila terjadi wanprestasi adalah sebagai berikut. Bank mandiri mengunjungi debitur untuk melakukan penagihan. Jika debitur mau melunasi hutang dengan cara menjual agunan maka bank mandiri memberi toleransi waktu sesuai kesepakatan. Namun, apabila debitur tidak mau melunasi hutang maka bank akan melelang benda jaminan. (3) pelaksanaan lelang di bank mandiri hanya melalui kantor lelang dan untuk penempatan pelaksanaan lelang bisa di bank mandiri tergantung kantor lelang dan juga yang melalui via online. Kata Kunci : Pengikatan Benda jaminan, Strategi Bank Mandiri, Proses Lelang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012706 al-Dhaman (Jaminan)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:46
Last Modified: 28 Feb 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19320

Actions (login required)

View Item View Item