Analisis Perlindungan Terhadap Nasabah Pengguna Layanan ATM Bersama Pada PT. Bank Mandiri Syariah Kantor Cabang Jember.

Ghufron, Muhammad Hilmi (2018) Analisis Perlindungan Terhadap Nasabah Pengguna Layanan ATM Bersama Pada PT. Bank Mandiri Syariah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Hilmi Ghufron_083143089.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembanhan teknologi menimbulkan berbagai masalah yang dari waktu kewaktu semakin meningkat dan beragam, yaitu penyadapan mesin ATM, hilangnya dana simpanan nasabah pengguna ATM, ataupun disebabkan masalah lain. Pentingnya perlindungan dilakukan dalam rangka memberi keamanan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat akan suatu produk atau jasa serta menempatkan konsumen dengan pelaku jasa keuangan dalam posisi yang seimbang. Perlindungan dapat dilakukan dalam rangka mencegah tidak pidana kejahatan yang dapat merugikan nasabah. BSM Kantor Cabang Jember dalam menerapkan pelindungan nasabah berlandaskan pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kepada masyarakat tentang penerapan prinsip perlindungan nasabh dan penyelesaian sengketa bagi nasabah pengguna ATM di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Di dalam tugas akhir ini terdapat dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana BSM menerapkan prinsip perlindungan bagi nasabah pengguna ATM (2) Bagaimana BSM menyelesaikan sengketa terhadap penggguna ATM. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, sedangkan data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Dalam tahap pengumpulan data penulis menggunakan beberapa metode, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendiskripsikan penerapan prinsip perlindungan dan penyelesaian sengketa bagi nasabah pengguna ATM di BSM. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa kendala baik dari internal ataupun eksternal bank berupa tidak disampaikannya potensi resiko, minimnya daya tangkap informasi oleh nasabah, kegagalan system, serta belum tersedianya sarana ATM yang memang dikhususkan bagi nasabah yang berkebutuhan khusus. Kedua, dalam menindak dan menyelesaikan sengketa BSM bekerja menggunakan sistem Complaint Manajemen Syistem mengacu pada SOP yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Kata kunci : Perlindugan nasabah, ATM Bersama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:46
Last Modified: 28 Feb 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19324

Actions (login required)

View Item View Item