Penjaminan kredit Oleh Lembaga Penjamin Kredit terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (JAMKRINDO) Jember.

Alfarisi, Muhammad Sulton (2018) Penjaminan kredit Oleh Lembaga Penjamin Kredit terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (JAMKRINDO) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Sulton Alfarisi_083133179.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak pada pelaksanaan dan pertanggungjawaban yang dilakukan oleh Perum Jamkrindo dalam hal penjaminan kredit terhadap UMKM yang tidak memiliki agunan atau agunannya tidak mencukupi agar dapat memperoleh kredit dari perbankan. Salah satu kredit atau pembiayaan kepada UMKM dalam bentuk pemberian modal kerja atau investasi yang didukung oleh fasilitas penjaminan adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Berkaitan dengan kelayakan perbankan untuk mengucurkan kredit kepada UMKM, terdapat kekhawatiran terjadinya wanprestasi yang menyebabkan kerugian kepada lembaga perbankan. Agar tidak terjadi hal yang demikian maka diperlukan lembaga penjamin kredit dalam penjaminan tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan penjaminan kredit Oleh Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (JAMKRINDO) Jember terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ? (2) Bagaimana pertanggung jawaban Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (JAMKRINDO) Jember terhadap Klaim kasus kredit macet oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penjaminan Kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Perum Jamkrindo kantor Unit Jember dan untuk mengetahui pertanggungjawaban penjamin (Perum Jamkrindo) terhadap terjamin apabila terjadi wanprestasi oleh debitur terjamin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif sehingga penulis langsung melakukan penelitian dengan wawancara kepada Kepala Kantor Perum Jamkrindo Jember sehingga diperoleh data mengenai pelaksanaan dan Pertanggungjawaban klaim terjamin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penjaminan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: tahap permohonan penjaminan, tahap proses administrasi dan permohonan penerbitan surat persetujuan, tahap peninjauan dan analisis proyek nasabah (Terjamin), tahap pemberian putusan, serta tahap sertifikat penjaminan. Sedangkan pertanggungjawaban penjamin dimulai dari terjamin mengajukan cover penjaminan dengan mengeluarkan sertifikat penjaminan sebagai bukti persetujuan penjaminan dari perusahaan penjamin kepada debitur, kemudian penjamin melaksanakan pembayaran klaim apabila terjamin mengajukan klaim sesuai tanggal jatuh tempo perjanjian kredit. Dalam penjaminan kredit dikenal adanya piutang subrogasi yaitu kewajiban debitur untuk melunasi hutangnya kepada perusahaan penjamin atas kerugian yang telah dibayarkan perusahaan penjamin kepada kreditur akibat wanprestasi debitur. Kata Kunci: Penjaminan, Pertanggungjawaban, Kredit Macet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:47
Last Modified: 28 Feb 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19329

Actions (login required)

View Item View Item