Pengaruh Tingkat Inflasi Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Pembiayaan Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember

Inayah, Mukarramataul (2018) Pengaruh Tingkat Inflasi Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Pembiayaan Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mukarramataul Inayah_083 133 050.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Inflasi suatu keadaan perekonomian dimana harga-harga secara umum mengalami kenaikan dalam waktu yang panjang. Kenaikan harga yang bersifat sementara seperti kenaikan harga pada masa lebaran tidak dianggap sebagai inflasi. Demikian pula dengan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing khususnya terhadap dolar, apakah memiliki pengaruh terhadap pembiayaan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember. Fokus dari penelitian ini di antaranya adalah:(1). Adakah pengaruh tingkat inflasi terhadap pembiayaan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember?, (2) Adakah pengaruh nilai tukar rupiah terhadap pembiayaan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember? dan (3) Adakah pengaruh tingkat inflasi dan nilai tukar rupiah secara simultan terhadap pembiayaan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh tingkat inflasi terhadap pembiayaan Pada PT. pegadaian Syriah Cabang Jember, (2) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh nilai tukar rupiah terhadap pembiayaanpada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember, dan (3) Untuk Mengetahui pengaruh tingkat inflasi dan nilai tukar secara simultan terhadap pembiayaan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder yaitu data yang diperoleh peneliti dari sumber yang sudah ada. sedangkan analisis data menggunakan linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1)Berdasarkan uji t (parsial) dapat dilihat bahwa tingkat inflasi terhadap pembiayaan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember didapatkan hasil berpengaruh.(2) Berdasarkan uji t (parsial) dapat dilihat bahwa nilai tukar rupiah terhadap pembiayaan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember memiliki pengaruh yang signifikan. (3)Berdasarkan hasil uji f (simultan) dapat dilihat bahwa tingkat inflasi dan nilai tukar rupiah secara simultan terhadap pembiayaan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember memiliki pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat inflasi dan nilai tukar rupiah secara simultan terhadap pembiayaan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jember . Kata kunci: Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, dan Pembiayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:47
Last Modified: 28 Feb 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19330

Actions (login required)

View Item View Item