Sistem Pengendalian Internal Kliring Di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember Tahun 2017

Dewi, Oktavia Kartika (2018) Sistem Pengendalian Internal Kliring Di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Oktavia Kartka Dewi_083133053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank adalah lembaga keuangan intermediasi yang memiliki fungsi dan peranan sebagai perantara keuangan. Salah satu bank umum yang ada di indonesia yaitu Bank Tabungan Negara KC Jember juga menyediakan jasa kliring sama halnya dengan bank-bank lainnya. Keunggulan dari kliring yang ada di Bank Tabungan Negara KC Jember adalah biayanya itu murah hanya sebesar Rp. 2.000,00. Tidak heran nasabah banyak yang transaksi kliring di Bank Tabungan Negara KC Jember. Dari latar belakang yang ada dalam skripsi ini fokus pada : a). Bagaimana prosedur kliring yang ada di BTN Kantor Cabang Jember?. b) bagaimana pelaksanaan kliring pada saat penyerahan, pengembalian dan tolakan?. c). Bagaimana sistem pengendalian internal kliring di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur kliring, pelaksanaan kliring pada saat penyerahan,pengembalian dan juga tolakan, mendeskripsikan sistem pengendalian internal kliring di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Jember. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: a) prosedur kliring di Bank Tabungan Negara KC Jember sesuai dengan SKNBI mengikuti aturan BI dan ada beberapa tahap, yang dimulai dari Teller yang kemudian akan diproses di bagian Transaction Processing dan dibawa ke BI. b) penyerahan dimulai pada jam 10:00-11:00, pengembalian dimulai pada jam 13:00-14:00, sedangkan tolakan itu akan dibawa lagi ke kantor setelah mengetahui apakah kliring itu ditolak atau tidak. c) sistem pengendalian internal di Bank Tabungan KC Jember sudah efektif dan sudah SPInya sudah dijalankan sesuai dengan aturan yang ada dan juga sudah bisa mencapai tujuan dari pengendalian internal meskipun ada beberapa yang sering terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:47
Last Modified: 28 Feb 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19335

Actions (login required)

View Item View Item